Sukses

Seminar Regional Class CJA Dapat Tanggapan Positif dari Peserta

Liputan6.com, Jakarta Finalis Citizen Journalist Academy (CJA) Jakarta kembali menggelar acara seminar Regional Class, yang diadakan di Universitas Pertamina, Jakarta, pada Jumat, (10/11/17) lalu. Seminar dengan topik “How To Be: Digital Citizen Journalist” ini diisi dengan dua pembicara, Novi Nadya dari Liputan6.com dan Marsya Gusman selaku Miss Internet Indonesia 2017.

Novi Nadya yang berkontribusi di kanal Lifestyle membagikan pengalamannya soal bekerja di media online. Mulai dari gaya bahasa penulisan hingga standar berita yang layak untuk tayang di media online seperti Liputan6.com. Selain itu, Nadya menambahkan tentang sejarah perkembangan media cetak hingga sampai ke media online.

Berbeda lagi dengan Miss Internet, Marsya Gusman, menjelaskan tentang berita hoak yang sering beredar. Memberikan contoh-contoh berita hoak, Marsya pun membagikan tips bagaimana untuk bisa mendeteksi berita hoak. Dan ternyata, media sosial menjadi yang paling tinggi dikunjungi para pengguna media digital.

Seminar ini tidak hanya diikuti oleh anak jurusan komunikasi saja, seperti Yonia mahasiswi UIN Jakarta, jurusan Humaniora. Yonia merasa bahwa topik mengenai hoak sangat menarik. “Lagi booming banget kan hoak. Susah buat analisisnya, kita orang biasa. Aku yang bukan anak komunikasi, jadi tahu gimana caranya, jadi tadi bermanfaat banget,” ucapnya.

Berbeda lagi dengan Hugo, mahasiswa jurusan Hubungan Internasional. Dengan mengikuti seminar ini ua berharap dapat ikut mewujudkan media yang lebih baik, karena ada banyaknya berita hoak. “Ingin membantu mewujudkan media yang lebih baik, yang lebih jujur, dan memiliki integritas,” ujarnya.

 

Penulis:

Irishta Tamzil - Binus University

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Green Hotel Award Perkuat Konsep Pariwisata
Artikel Selanjutnya
GnB Accelerator Batch Ketiga Siap Gembleng 6 Startup Pilihan