Sukses

Lima Poin Penting dalam Program 1000 Salesman

Liputan6.com, Jakarta Pertamina Lubricants, merupakan anak perusahaan dari PT Pertamina yang telah berkembang sejak 4 tahun silam. Untuk mewujudkan visinya menjadi perusahaan pelumas kelas dunia, Pertamina Lubricants kerap melakukan promosi terhadap produknya kepada masyarakat luas.

Berbicara mengenai promosi produk, tentu setiap perusahaan berlomba-lomba untuk mempromosikan produknya dengan berbagai cara. Terkadang perusahaan besar pun melakukan promosi lewat tokoh masyarakat hingga artis terkenal. Memikat hati konsumen, tentu ini menjadi acuan mereka untuk mempromosikan produknya sekreatif mungkin.

Program 1000 Salesman, merupakan creative branding dari Pertamina Lubricants guna mempromosikan produknya kepada masyarakat. Nur Rizki Lestari, selaku Tim Corporate Secretary Pertamina Lubrication, menjelaskan mengenai poin penting yang terdapat dalam program ini, diantaranya adalah; Peningkatan Brand Awareness.

Setiap perusahaan melakukan peningkatan Brand Awareness guna mempromosikan produknya dengan cara branding, melalui logo maupun merk agar konsumen mampu mengenal produknya tersebut. Mengingat bahwa brand sangat penting dalam keputusan sesorang untuk membeli suatu produk. Perlu diketahui, Pertamina Lubricants pernah meraih Penghargaan BUMN Branding & Marketing melalui Program 1000 Salesman pada 2016 silam.

Tidak hanya itu, Penetrasi Produk juga menjadi bagian dari penghargaan yang diraih oleh Pertamina Lubricants. Penetrasi produk ialah proses mengenalkan suatu produk kepada konsumen, dengan tujuan untuk menciptakan demand terhadap produk yang ditawarkan. Hal itu dilakukan terhadap produk berkualitas tinggi seperti Fastron dan Enduro Series. Saat ini, Pertamina Lubricants memiliki ekspansi di luar negeri, salah satunya Thailand untuk melakukan pemasaran produk disana.

Selain itu, Peningkatan Register Outlet dan Visit Outlet kerap dilakukan dengan tujuan melakukan pelayanan penggantian oli. Hal tersebut dilakukan pada kendaraan roda empat atau roda dua dengan menggunakan Pelumas Pertamina. Tidak hanya itu, Pertamina Lubricants juga melakukan Penguatan Penguasaan Outlet dari 60.000 outlet pada 2015 menjadi 70.000 outlet pada 2016 kemarin.

Dan yang terpenting dari program 1000 Salesmen tersebut ialah mendekat ke pelanggan, dengan menyediakan aplikasi Pertamina GO guna mempermudah menemukan SPBU terdekat maupun ketika ingin mengganti oli saat dalam perjalanan.

 

Penulis:

Witri Nasuha - Politeknik Negeri Jakarta

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Formula 2: Sean Berharap Bisa Tampil Konsisten
Artikel Selanjutnya
Pertamax Motorsport di Ambang Juara Kejurnas Drag Bike