Sukses

Inilah Fakta Menarik Jika Kamu Jadi Mahasiswa

Liputan6.com, Jakarta “Kuliah ambil jurusan apa? Kapan wisudanya? Skripsinya mengenai apa?” Itulah beberapa pertanyaan yang sering dihadapi mahasiswa ketika memasuki masa kuliah. Padahal, sejatinya masa kuliah tidak selamanya membosankan kok. Tidak percaya? Berikut beberapa fakta yang bisa kamu ikuti:

1. Jangan Jadi Kupu-kupu, Jadilah Kura-kura

Sebagian mahasiswa pasti bisa membedakan kedua golongan tersebut (bukan hewan). Mahasiswa tipe Kupu-kupu alias Kuliah-Pulang-Kuliah-Pulang cenderung minim berinteraksi dengan teman-temannya. Hal tersebut akan berbanding terbalik dengan Mahasiswa tipe Kura-kura alias Kuliah-Rapat-Kuliah-Rapat yang hampir setiap harinya berdiskusi dan berinteraksi dengan orang sekelilingnya.

2. Sistem Kebut Semalam = Mahasiswa Abadi

Kebiasaan yang seringkali dilakukan oleh mahasiswa serba praktis adalah Sistem Kebut Semalam (SKS). Bagi mereka, mungkin hal ini menjadi jalan pintas dikarenakan waktu belajar yang kurang. Padahal, survei membuktikan bahwa Sistem Kebut Semalam tersebut hanya menyebabkan mahasiswa kelelahan karena kurang tidur dan hasil IPnya menurun. Sehingga, menyebabkan proses wisudanya terhambat dan tidak lulus tepat waktu. Jangan dicontoh ya!

3. Bisa Berpenampilan Sesuka Hati

Waktu masih sekolah, mungkin kita pernah membayangkan bagaimana asiknya bisa berpenampilan menarik tanpa menggunakan atribut sekolah. Rambut panjang, menggunakan pakaian modis, bisa pulang cepat, dan lain-lain. Semuanya dapat terwujud saat memasuki masa kuliah. Eits, tapi tetap berpenampilan yang sewajarnya ya, jangan yang berlebihan.

4. Ikut Kegiatan Kampus

Ambil bagian dari sebuah kegiatan yang ada di seputaran kampus, bahkan walau hanya jadi peserta. Jangan hanya ikut-ikutan, bahkan jika kita yang merancang dan membuat suatu event pastinnya akan lebih membanggakan. Karena selain pengalaman kerja dan menambah luas lingkup pertemanan, kalau beruntung kalian juga bisa punya teman hidup nantinya.

Jadi, fakta mana yang kira-kira mau kalian lakukan pertama kali? Luangkan waktu sejenak dan coba lakukan hal-hal yang positif bersama dengan teman kampusmu. Pastinya membuat kuliah kalian akan tambah berwarna!

 

Penulis:

Dionisius Aditya Yoganata - Universitas AKMRTV Jakarta

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Tak Punya Passion? Kenali Keahlian Anda Dengan Cara Berikut
Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: Putus Cinta dengan Pacar Sekantor? Ingat Hal Ini