Sukses

Pertamina Sambut Hangat Mahasiswa yang Ingin Belajar

Liputan6.com, Jakarta Kini, impian untuk menjelajah kantor Pertamina tak hanya isapan jempol belaka. Kesempatan itulah yang dirasakan oleh finalis Citizen Journalist Academy (CJA) Jakarta kala berkunjung ke 2 lokasi operasional vital Pertamina di ibukota.

Acara Edutrip ini sebelumnya pernah dilaksanakan Liputan6.com bersama komunitas CJ6 (Citizen Journalist 6). Agus Budiyono selaku Corporate Brand Manager Pertamina juga ikut serta mendampingi mahasiswa pada 5 Oktober lalu.

Para finalis terlebih dahulu menyambangi pabrik Pertamina Lubricants di bilangan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pabrik pelumas terbesar di Asia Tenggara ini menjadi salah satu kunci sukses dari produk yang telah melakukan ekspansi ke 16 negara. Dengan pencapaian 59% market share domestik di 2015, Pertamina berkeinginan untuk menjadi Top 15 World Lubricant Player pada tahun 2020. Berbagai strategi global dan creative branding telah dieksekusi. Salah satunya ditujukan untukpengembangan mahasiswa, yaitu Enduro Student Program.

Sistem produksi pelumas diawali dengan penakaran dan pencampuran minyak, secara sederhana prosesnya serupa ketika sedang membuat jus buah. Minyak yang ada didatangkan langsung dari Kilang Dumau maupun Cilacap. Setelah botol dimasukkan, pelumas diisi, diberi tanda dan terakhir dimasukkan ke dalam dus. Per tahunnya, pabrik mengalami pengingkatan proses produksi sebanyak 5%.

Edutrip dilanjutkan dengan bertolaknya finalis CJA menuju Terminal BBM Pelumpang. Terletak di area yang berdekatan, disinilah tempat truk-truk Pertamina berlabuh untuk menyantap bahan bakar terbaik sebelum disalurkan ke SPBU. Uniknya, di bagian dalam truk terdapat 3 sekat sehingga memungkinkan untuk diisi jenis bensin berbeda. Meskipun sistem distribusinya terlihat lebih mudah dibandingkan pengangkutan menggunakan kapal, ternyata kondisi jalanan macet juga kerap menjadi penyebab BBM terlambat sampai.

Setelah Edutrip berakhir, tentu para peserta merasakan manfaatnya karena sesi dibawakan langsung oleh perwakilan Pertamina terbaik di bidangnya. Selama acara berlangsung, finalis CJA Jakarta juga mengunggah aktivitas ini ke media sosial, sehingga tagar #energimudapertamina sempat menjadi trending topic selama 6 jam. Semoga ke depannya, segenap insan muda ini diberikan kesempatan untuk mengunjungi kantor Pertamina lainnya sehingga dapat menyebarkan jurnalisme kebaikan lebih luas lagi.

 

Penulis:

Debby Marietta - Universitas Prasetiya Mulya

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Penuh Perjuangan dan Berkesan, Pemuda Ini Ikuti CJA Semarang
Artikel Selanjutnya
Jokowi Sindir Lulusan IPB Lebih Banyak Kerja di Bank