Sukses

'Ndeso'nya Generasi Millennial Saat Lihat Kambing

Liputan6.com, Yogyakarta Finalis Citizen Journalist Academy Semarang melakukan Pertamina Edutrip 2.0 di daerah Bantul, Yogyakarta. Salah satu tempat kunjungan yang merupakan binaan TBBM Pertamina MOR IV ialah Kelompok Ternak Dwi Tunggal.

Tempat ini adalah sebuah peternakan budidaya kambing etawa yang telah menjadi mata pencaharian warga sekitar. Para peserta Edutrip pun tampak antusias saat melihat pemerasan susu kambing dan langsung mengeluarkan gadgetnya untuk mengabadikan moment langka tersebut.

Peternakan kambing etawa ini mendapatkan bantuan dari CSR Pertamina sejak tahun 2015. Pada awalnya peternakan ini hanya menjual "cempe" atau anak kambing saja. Namun setelah bantuan Pertamina datang, produk peternakan mulai dipasarkan. Produk yang dijual meliputi susu kambing fresh, susu kambing bubuk serta es krim yang kini masih pada tahap percobaan.

Peserta Pertamina Edutrip 2.0 melihat serangkaian proses mulai dari pemerahan susu kambing, proses pemasakan susu kambing, pembuatan susu kambing bubuk hingga menikmati produk es krim susu kambing yang telah jadi. "Ini adalah pengalaman pertamaku lihat langsung pemerahan susu kambing, jadi otomatis langsung kuabadikan momen ini," ujar salah satu finalis CJA Semarang Alsa.

Hal serupa juga dialami Nikita, finalis CJA Semarang, "awalnya aku nggak percaya memangnya ada pemerahan susu kambing, karena biasanya yang diperah susu sapi," ujarnya. Meskipun baru pertama kali melihat pemerahan susu kambing, Nikita mengapresiasi prosesnya, "aku salut dengan proses pemerahan yang tetap menjaga kesterilannya dengan cara mencuci tangan sebelum pemerahan dan kelenjar susu di lap dengan air hangat," tambahnya.

Bagi generasi Millenial, kegiatan di desa seperti ini sangat lah langka, sehingga membuat orang yang tampaknya "kota" sebetulnya "ndeso".

 

Penulis:

Herliansa Chrisnasari - Universitas Soegijapranata

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Semarang

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Hapalkan 8 kosakata Ini Kalo Mau Dibilang Anak Gaul
Artikel Selanjutnya
Cerita Lucu Prilly Latuconsina Beli Sapi Kurban via Online