Sukses

Jelajah Asyik Museum di Jakarta, Yuk Ikuti Lomba Ini

Liputan6.com, Jakarta Sebagai kota yang terbangun dalam rentang waktu lebih dari 490 tahun, Jakarta memilki beragam peninggalan bersejarah yang asik untuk dipelajari. Ragam peninggalan sejarah itu tertata rapi di berbagai puluhan museum.

Museum-museum di Jakarta yang ramai dikunjungi berada di Kawasan Kota Tua Jakarta, Musem Monumen Nasional, dan Taman Mini Indonesia Indah. Namun masih banyak museum-museum lain di wilayah Jakarta yang patut dikunjungi.

Museum Monumen Nasional, misalnya di bulan November ini menggelar pameran jalur rempah. Dilansir dari laman resmi Museum Nasional, pameran ini menggambarkan bagaimana kata Sriwijaya ditemukan hingga mencapai keemasan selama 600 tahun, peguasaan maritim penting dalam perdagangan rempah dunia hingga apa saja peninggalan Sriwijaya untuk Republik Indonesia.

Tak hanya mendapat pengetahuan tentang sejarah masa lampau, generasi milenal dapat menikmati beragam peninggalan bersejarah di museum sekaligus menuangkan ide dan kreatifitasnya seputar harapan tentang museum-museum yang ada di Jakarta. Beragam ide dan konten kreatif tersebut akan dinilai oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta dalam rangka mendekatkan museum sebagai ruang publik edukasi sekaligus objek wisata kepada anak muda.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

“Kami berharap melalui kegiatan ini masyarakat bisa ikut berpartisipasi mempopulerkan museum di Jakarta. Harapan positif generasi millennial terhadap museum di Jakarta yang dituangkan dalam kreativitas membuat blog, vlog dan foto, nantinya akan menjadi masukan bagi kami untuk lebih mengembangkan museum di Jakarta," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Tinia Budiati kepada Liputan6.com melalui surat elektronik.

"Semoga museum di Jakarta bisa menjadi tempat wisata popular tidak hanya untuk wisatawan nusantara tapi juga untuk wisatawan mancanegara,” kata Tinia Budiati.

Ia menambahkan, warganet yang ingin mengikuti lomba ini hanya perlu mengunjungi museum di Jakarta yang paling menarik perhatian, merasakan pengalaman langsung saat berada di sana, dan mengunggahnya melalui media sosial. " Tentunya wajib menyertakan tagar #enjoyjakarta, #enjoyjakmuseum, dan #jakartatourism dalam setiap karya yang dilombakan," imbuh Tinia Budiati.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

 

Artikel Selanjutnya
Yuk, Cobain Makanan Vietnam di Hayam Wuruk Jakarta!
Artikel Selanjutnya
Gowes Pesona Nusantara Kenalkan Wisata Bogor