Sukses

Hutan Rumahnya Digusur, Koala Malang Terjebak di Mesin Bor

Liputan6.com, Jakarta Penggundulan hutan tidak hanya dikecam sebagai faktor pemanasan global, aksi itu juga menyebabkan hilangnya habitat hewan-hewan di dalamnya. Kasus inilah merupakan sejumlah bukti dari efek penggundulan hutan. 

Media lokal Channel 7 Adelaide melaporkan, adanya hewan koala yang terjebak di mesin bor setinggi 30 meter pada konstruksi bangunan di Bedford Park, Australia. Karena adanya penggundulan hutan, hewan itu tidak memiliki tempat tinggal lain.

Hewan malang itu mengira bahwa mesin tersebut sebagai pohon ekualiptus yang biasa ia tinggali. Petugas pemadam kebakaran terjaga pada pukul 4 pagi untuk menyelamatkan koala tersebut.

Lucunya, koala itu hanya tenang menunggu para petugas menurunkannya. Ia bahkan bisa tidur sebentar sambil menunggu.

Banyak orang menganggap bahwa mesin itu sudah seperti rumahnya. Sehingga diragukan apakah ia ingin turun atau tidak. Walaupun begitu petugas pemadam tetap membantunya agar turun.

Setelah menyelamatkan Koala tersebut, pihak pelindung satwa setempat langsung mengurusnya sampai ia benar-benar bisa kembali ke alam liar.

 

1 dari 2 halaman

Reaksi warganet

Banyak warganet merespon kejadian itu dengan sedih. Mereka merasa menyayangkan penggundulan hutan yang merusak habitat koala tersebut. Namun, ada pula yang merasa senang karena koala itu berhasil diselamatkan.

"Sangat payah bahwa manusia hanya bisa merusak apapun. Koala itu hanya mengikuti instingnya dan berusaha untuk mencari tempat tinggalnya. Manusia benar-benar buruk," tulis Betsy Rhoades.

"Koala memprotes, ini sangat menyedihkan kita menghancurkan planet ini dan kehidupan lain di dalamnya" Komentar Julia Mackle.

"Melepaskannya ke alam liar? Hutan yang menjadi habitat tempat tinggalnya saja sudah dirusak," sahut Tricia Sutton.

"Sangat menyedihkan, koala itu hanya pergi kembali ke tempat tinggal asalnya yang menjadi rumahnya dan pohon-pohon itu sudah ditebang. Manusia memang menghancurkan planet ini, hewan-hewan juga segera akan dimusnahkan," ujar Sinead Harold.

Bagaimana menurutmu terhadap kejadian ini?

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: