Sukses

1.000 Tahun dari Sekarang, Ini 7 Hal yang Akan Terjadi pada Bumi

Liputan6.com, Jakarta - Satu tahun yang lalu, dalam pidatonya di Oxford University Union, fisikawan legendaris Stephen Hawking memprediksi umat manusia hanya bisa bertahan selama 1.000 tahun lagi. Kira-kira, apa yang terjadi saat itu? Dilansir dari Brightside, ini dia:

1. Manusia Pindah ke Planet Lain

Dalam 1.000 tahun dari sekarang, satu-satunya cara bagi manusia untuk bertahan hidup adalah dengan membangun pemukiman baru di luar angkasa. Space X memiliki misi untuk pemindahan tersebut dan bahkan menciptakan kota mandiri itu di Mars. Elon Musk, pendiri perusahaan itu berharap bisa meluncurkan pesawat wahana pertama mereka pada tahun 2022.

2. Kita Semua akan Terlihat Sama

Dalam eksperimen spekulatifnya, Dr Kwan berhipotesis bahwa di masa depan (sekitar 100.000 tahun dari sekarang), manusia akan mengembangkan dahi yang lebih lebar, lubang hidung lebih besar, mata lebih besar, dan lebih banyak kulit berpigmen. Bahkan, ilmuwan sedang bereksperimen agar orangtua dapat mengedit genom anak mereka.

 

1 dari 5 halaman

3. Akan Ada Komputer Cerdas Super Cepat

Pada tahun 2014, sebuah superkomputer melakukan simulasi otak manusia yang paling akurat sampai saat ini. Dalam 1.000 tahun dari sekarang, komputer diprediksi akan melampaui kecepatan komputasi otak manusia dan menyelesaikan tugas yang komputer normal butuh waktu satu dekade untuk menyelesaikannya.

Di masa tersebut, komputer kuantum akan membantu dalam mengembangkan obat dan diagnosis yang lebih efektif, membantu mengemudi mobil sendiri, dan meningkatkan eksplorasi ruang angkasa.

2 dari 5 halaman

4. Kepunahan Massal di Ambang Mata

Kepunahan massal terakhir membunuh dinosaurus dari muka bumi. Sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa tingkat kepunahan spesies di abad ke-20 telah mencapai 100 kali lebih tinggi daripada yang normal tanpa dampak manusia. Menurut beberapa ilmuwan, hanya penyusutan bertahap populasi manusia yang bisa membantu peradaban untuk bertahan.

3 dari 5 halaman

5. Manusia akan Menjadi Cyborg

Mesin sudah bisa meningkatkan pendengaran dan penglihatan manusia. Para ilmuwan dan insinyur tengah mengembangkan mata bionik untuk membantu orang buta melihat.

Dalam 1.000 tahun dari sekarang, penggabungan manusia dengan teknologi adalah satu-satunya cara agar umat manusia bisa bersaing dengan Intelegensi Buatan.

4 dari 5 halaman

6. Nanoteknologi Pecahkan Masalah Krisis dan Populasi

Sekitar 1.000 tahun dari sekarang, nanoteknologi akan mampu membersihkan kerusakan lingkungan, memurnikan air dan udara, menangkap energi matahari. Bahan baru akan menjawab kebutuhan teknologi penyimpanan energi yang ramah lingkungan dan lebih efisien.

7. Kita Semua Bicara dengan Bahasa Global yang Sama

Faktor yang paling mungkin mengarah ke bahasa universal adalah penyederhanaan bahasa. Ahli bahasa memprediksi bahwa 100 tahun dari sekarang 90 persen bahasa akan hilang karena migrasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Nibiru Tabrak Bumi dan Picu Kiamat 20 September, Fakta atau Hoax?
Artikel Selanjutnya
India Bakal Susul RI Jadi Negara Muslim Terbesar di Dunia