Sukses

Hormati Muslim, Barbie Ciptakan Boneka Wanita Berhijab

Perusahaan Mattle pembuat boneka Barbie keluarkan boneka terbaru dengan menggunakan hijab. Hal ini terinspirasi dari atlet Ibtihaj Muhammad.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak mengenal Barbie? Boneka cantik yang sering dimainkan oleh anak perempuan itu memiliki ciri fisik rambut pirang, mata biru, dan bergaya modis. Tentunya, tidak ada yang menyangka bahwa kali ini Barbie mengeluarkan Barbie hijab.

Sudah bertahun-tahun lamanya Barbie menginspirasi banyak orang sekaligus anak-anak mengenai nilai kecantikan. Namun, saat ini Barbie sudah dibuat sedemikian rupa berbeda. Konsep mereka kini mendorong dan mengenalkan anak-anak bahwa kecantikan tidak hanya bersifat mutlak.

 

Oleh karena itu, Barbie akhirnya dibuat secara bervariasi. Mereka mengenalkan Barbie Asley Graham yang memiliki fisik tubuh curvy, kemudian ada Barbie Misty Copeland yang memiliki tubuh atletis, serta ada juga Barbie Ava DuVernay yang berkulit hitam.

Dan sekarang, mereka memperkenalkan Barbie hijab yang terinspirasi dari Ibtihaj Muhammad, seorang atlet anggar.

Hijab sendiri dikenal sebagai salah satu penutup kepala yang digunakan bagi kaum wanita muslim. Hal yang tidak biasa ini, tentunya disambut hangat oleh banyak kalangan terutama kaum muslim.

 

Saat Mattel (perusahaan Barbie) memberitahunya bahwa mereka akan membuat Barbie untuk menghormatinya, Ibtihaj sampai menangis karena bahagia. Ibtihaj memberikan sejumlah permintaan untuk membuat Barbie dirinya dengan eyeliner hitam, memiliki kaki besar dan kuat, serta menggunakan hijab.

"Ini adalah sesuatu yang biasa kukenakan seperti baju dan celana," ujar Ibtihaj setelah melihat Barbienya, melansir Metro, Rabu (15/10/2017).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Barbie Ibtihaj dipakaikan kostum olahraga anggar berwarna putih. Tertera inisial nama Muhammad di belakangnya, amat mirip seperti kostum anggar yang biasa Ibtihaj kenakan saat pertandingan. Barbie ini juga dilengkapi dengan pedang, helm, serta hijab.

Jenis Barbie Ibtihaj merupakan rangkaian Barbie Shero Collection yang bertujuan untuk mendorong anak-anak agar menjadi profesi apa pun yang mereka inginkan.

"Seseorang seperti Ibtihaj merupakan orang yang membuat hal baru dan menginspirasi anak-anak sehingga mereka justru bermain Barbie dengan penampilan yang sama seperti mereka," ujar Lisa McKinght, Wakil Presiden Senior perusahaan Mattle.

Setelah Ibtihaj, Barbie masih akan mengeluarkan rangkaian lainnya yang terinspirasi dari orang-orang berprestasi atau tokoh-tokoh perempuan yang menginspirasi.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.