Sukses

Begini Keseruan Grand Finalis CJA di Kantor Redaksi Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Program sinergi Pertamina, Liputan6.com, dan Indosiar bertajuk Citizen Journalist Academy atau CJA telah berlangsung sejak Juli 2017 lalu. Setelah empat bulan lebih, program ini pun memasuki babak akhir, yakni grand final, 15-19 November 2017

Rangkaian grand final CJA diawali dengan penjemputan para finalis asal Semarang dan Balikpapan di Bandara Halim Perdanakusuma. Sementara para finalis asal Jakarta yang merangkap panitia, bersiap di SCTV Tower, Senayan, Jakarta Selatan.

Pembukaan dimulai dengan sambutan dari Head of Community Development Liputan6.com, Sulistyo pada pukul 10.00 WIB.

"Selamat datang kepada para Finalis CJA Jakarta, Semarang, dan Balikpapan. Mulai hari ini teman-teman silakan lepaskan seragam masing-masing daerahnya karena kita akan campur aduk teman-teman ke dalam satu tim," kata pria yang akrab disapa Tyo itu.

Tim yang dimaksud adalah tiap kanal yang ada di Liputan6.com, seperti kanal Bisnis, News, Tekno, dan lainnya. Setelah itu, Tyo segera mengumumkan pembagian kelompok. Pembagian kelompok dilakukan secara adil dengan tujuan agar seluruh finalis CJA dari ketiga kota dapat lebih akrab.

Para finalis CJA dibagi menjadi 10 kelompok. Tiap kelompoknya diberi nama sesuai kanal yang ada di Liputan6.com, yakni News, Bisnis, Global, Showbiz, Bola, Otomotif, Citizen6, Regional, Health, dan Lifestyle.

1 dari 3 halaman

Office Tour Indosiar dan Liputan6.com

Setelah dibagi per kelompok, para finalis CJA mengikuti office tour ke Indosiar yang berada di lantai 9 dan Liputan6.com yang berada di lantai 17. Di lantai 9, para finalis menyaksikan siaran langsung program Indosiar. Adapun di lantai 17, mereka melihat suasana kerja Liputan6.com.

Para finalis tampak antusias mengikuti office tour. Bahkan, mereka kerap melontarkan pertanyaan ke beberapa Editor maupun Redaktur Pelaksana Liputan6.com yang tengah bertugas.

Seusai office tour, para finalis CJA dipersilakan istirahat dan makan siang. Setelahnya, mereka bergegas meninggalkan SCTV Tower menuju kantor PT Pertamina.

Esoknya, 16 November 2017, seluruh finalis CJA akan berangkat ke Bandung dan menginap di Grafika Cikole. Mereka akan mengunjungi wisata Tangkuban Perahu serta melakukan Bandung City Explore.

Adapun pada Sabtu, 18 November 2017, acara CJA akan terselenggara di The Ice Palace, Lotte Avenue, Jakarta. Rangkaian grand final CJA akan ditutup pada Minggu, 19 November 2017 dengan acara Car Free Day.

2 dari 3 halaman

Seputar Citizen Journalist Academy

Campus Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina atau CJA digagas oleh Pertamina, Indosiar, dan Liputan6.com. Program ini mencari 90 sosok mahasiswa yang memiliki minat menulis, videography, presenting, dan public relations.

Finalis akan mengikuti mobile creative internship di masing-masing kota, yaitu Semarang, Balikpapan, dan Jakarta. Selama empat bulan, para mahasiswa belajar dan berkarya layaknya jurnalis di bawah bimbingan Redaksi Liputan6.com dan Tim Kreatif News Indosiar.

Finalis CJA yang terpilih, berkompetisi untuk membuat liputan tentang kepedulian terhadap isu lingkungan, energi maupun potensi lokal, seperti budaya, kuliner, wisata, dan tema menarik lainnya. Hasil karya para finalis ini ditayangkan di microsite liputan6.com dan program Fokus Indosiar.

Penulis:

Fitria Monica Sari

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: