Sukses

5 Tempat Wisata Jawa Timur yang Paling Hits untuk Liburan

Liputan6.com, Jawa Timur - Jawa Timur adalah bagian dari Pulau Jawa di sebelah timur. Jawa Timur memiliki banyak tempat wisata hits, salah satunya seperti Malang, kota Wisata Batu, Gunung Bromo, dan juga beberapa museum menarik di Surabaya dan sekitarnya.

Tempat wisata di Jawa Timur sangat beragam. Mulai dari tempat wisata umum seperti taman, tempat wisata religi seperti masjid, atau tempat wisata alam seperti air terjun yang indah.

Kira-kira dari berbagai tempat wisata itu, ada 5 tempat wisata paling hits di Jawa Timur yang wajib kamu kunjungi. Berikut ulasannya.

1 . Kawah Ijen

Kawah Ijen memiliki keunikan yang hanya bisa ditemukan terbatas di seluruh dunia. Keunikan tersebut adalah kobaran api biru. Blue Flames Kawah Ijen juga terdapat di beberapa pegunungan di Islandia.

Namun, untuk bisa melihat blue flame ternyata tidak mudah karena wisatawan harus berjalan kaki kurang lebih sekitar 2 jam menuju Gunung Ijen panggilan dilanjutkan dengan tracking menuju kawah sekitar 45 menit.

Untuk bisa mengunjungi Kawah Ijen wisatawan diharapkan untuk menggunakan masker, karena adanya Kawah Ijen masih memiliki udara yang beracun dari kawah. Umumnya wisatawan yang datang ke Kawah Ijen menggunakan jasa para guide dan juga porter.

Wisatawan yang hendak mengunjungi Kawah Ijen bisa melalui dua jalur. Yang pertama jalur Surabaya turun di Bandara Juanda Sidoarjo. Sedangkan yang kedua melalui Banyuwangi yaitu melalui akses Bandara Blimbingsari.

 

1 dari 3 halaman

2. Gunung Bromo

Pesona Gunung Bromo bukan hanya terkenal di dalam negeri, tetapi juga kerap menjadi tema fotografi keindahan alam tingkat dunia. Gunung Bromo berada di kawasan taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Mengunjungi Gunung Bromo menjadi salah satu pengalaman yang sangat menarik baik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Pengalaman lain yang bisa didapatkan saat berada di Gunung Bromo adalah menunggangi kuda di lautan pasir.

Saat ini terdapat sebuah landmark yang menjadi kontroversi dikalangan para pecinta alam dan juga pendaki gunung. Lemak tersebut dianggap mengganggu pemandangan alam, tapi di sisi lain landmark tersebut, digunakan wisatawan untuk selfie atau foto-fotonya.

Salah satu pesona yang tak boleh dilewatkan adalah melihat matahari terbit. Jika ingin mendapatkan tempat terbaik maka kamu harus tapi sejak dini hari. Biasanya Matahari mulai terbit pukul 05.00 pagi.

3. Batu Secret Zoo

Kebun binatang di Batu Jawa Timur ini beralamat di Jalan Raya Oro-oro nomor 9. Tempat wisata ini menjadi salah satu tempat wisata favorit dan banyak direkomendasikan oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Wisatawan bukan hanya bisa melihat koleksi satwa yang lucu tetapi juga terdapat banyak wahana yang cocok untuk anak-anak midori karosel bombomkart hingga roller coaster. Wisatawan juga bisa memberikan makan satwa-satwa ada di Batu Secret Zoo.

Jika wisatawan merasa lapar tidak perlu khawatir karena ada beberapa restoran yang menyediakan makanan bagi wisatawan. Salah satu hotel terbaik di Batu Secret Zoo adalah hotel dengan bentuk rumah pohon, jika dilihat dari luar hotelnya sangat unik seperti berada di tengah hutan.

Batu Secret Zoo buka pukul 10.00 pagi, jika ingin berkeliling dan melihat seluruh koleksi satwa di Batu Secret Zoo, kira-kira akan memakan waktu kurang lebih antara 4 sampai 6 jam. Jangan lupa pada pukul jam 11.00 merupakan jadwal untuk memberi makan satwa-satwa di Batu Secret Zoo.

 

2 dari 3 halaman

4. Museum Angkut

Museum yang memiliki banyak koleksi alat transportasi ini beralamat di Jalan Terusan Sultan Agung atas nomor 2 Batu Jawa Timur. Museum Angkut termasuk tempat wisata selfie karena memiliki beberapa zona yang berbeda-beda.

Wisatawan bisa melihat parade yang biasanya diselenggarakan antara pukul jam 04.00 hingga 05.00 sore. Jangan lupa untuk mengunjungi Buckingham Palace, berfoto di Eiffel Tower, atau mengabadikan beberapa mobil-mobil sayang masih terlihat sangat terawat.

Museum Angkut bukan hanya tempat wisata namun juga tempat untuk mengedukasi tentang sistem transportasi di Indonesia. Salah satu wahana yang tak boleh dilewatkan adalah petualangan di pesawat yang berada di lantai 3.

Museum Angkut juga menawarkan beberapa oleh-oleh yang menarik untuk orang-orang di rumah. Harga tiket masuk Museum Angkut sebanding dengan fasilitas dan layanan yang didapatkan.

5. Air terjun Madakaripura

Air terjun Madakaripura ini berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Beberapa wisatawan yang mengunjungi Bromo biasanya menyempatkan untuk datang ke air terjun ini.

Agar bisa nyaman saat berjalan kaki, ada baiknya wisatawan menggunakan sandal gunung sehingga tidak khawatir basah tapi tetap bisa diandalkan untuk perjalanan yang terjal sekalipun.

Berapa wisatawan menyeramkan untuk tidak menyewa guide dari tempat parkir mobil karena dari tempat parkir mobil wisatawan harus menggunakan ojek untuk menuju gerbang. Salah satu yang dikeluhkan adalah biaya tour guide yang cukup tinggi. Beberapa orang menyarankan untuk menyewa pemandu yang juga berprofesi sebagai tukang dagang.

Pastikan wisatawan hanya menggunakan satu pemandu saja. Wisatawan harus waspada dengan tawaran-tawaran tertentu karena ada beberapa oknum yang memanfaatkan kesempatan.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
7 Tempat Liburan Keluarga Terbaik di Bogor untuk Akhir Pekan Seru
Artikel Selanjutnya
4 Kampung Wisata Baru di Indonesia untuk Destinasi Liburan Seru