Sukses

Hati-Hati, Mengeluarkan Paksa Ingus Justru Bisa Memperparah Pilek

Kerap kali kita memaksa ingus keluar saat sedang flu atau pilek. Ternyata hal ini salah dan justru dapat memperparah kondisi flu kita.

Liputan6.com, Jakarta Mengalami hidung tersumbat karena pilek atau flu memang mengganggu. Hal itulah yang membuat kebanyakan orang secara paksa meniup hidung mereka. Namun ternyata, cara itu bisa membuat pilek kita bertambah parah.

Perasaan pengap dalam hidung disebabkan adanya peradangan di bagian pembuluh darah. Peradangan ini akan semakin parah dan mengalami iritasi, apabila kita memaksa ingus untuk keluar. Efek lain dari meniup hidung terlalu keras juga menimbulkan pembengkakan pada hidung.

Melansir Science Insider, Jumat (17/11/2017), kondisi pilek akan semakin bertambah parah, apabila kita selalu-memaksa ingus keluar dengan meniup hidung secara terus menerus. Bukan hanya pembengkakan pada hidung yang ditimbulkan, melainkan juga berefek pada bagian sinus.

Sewaktu kita berusaha meniup hidung untuk mengeluarkan ingus, pada saat yang bersamaan kita memberikan tekanan pada lubang hidung. Keadaan yang akan terjadi justru bukannya membuat ingus keluar, malahan mereka bisa masuk ke dalam bagian sinus.

Jika ingus masuk ke dalam bagian sinus, hal ini dapat membuat pilek kita semakin parah. Bakteri dan virus dalam ingus memicu infeksi bagian sinus. Itulah yang mendorong pilek kita terasa berat disertai sakit kepala dan sesak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara mengeluarkan ingus dengan benar

Tutup satu lubang hidung, lalu tiup hidung secara perlahan. Resep anti-peradangan biasanya akan meredakan hidung yang mengalami pembengkakan dan mempermudah ingus untuk keluar.

Akan lebih baik jika menggunakan semprotan hidung, untuk melancarkan ingus yang sudah mengalami kering. Tujuannya, agar saluran pernapasan menjadi tidak terhambat sehingga mempermudah kita untuk meniup hidung secara lebih lembut.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pilek adalah kondisi dimana terjadi infeksi ringan pada hidung. Biasanya ditandai dengan terjadinya sumbatan pada hidung dan saluran nafas.

    Pilek

  • Parah

  • Hidung