Sukses

5 Tempat Wajib Dikunjungi Saat Berlibur di Negeri Laskar Pelangi

Liburan salah satu kalimat yang membuat semua orang senang. Penat dengan keseharian, liburan sangat cocok untuk menyegarkan kita lagi.

Liputan6.com, Jakarta Liburan, salah satu kalimat yang dapat membahagiakan semua orang. Di tengah aktifitas yang padat, liburan memang sangat dibutuhkan terlebih lagi untuk masyarakat ibukota.

Menjelang akhir tahun, tidak ada salahnya kita mempersiapkan waktu untuk refreshing sejenak guna menyegarkan otak kita.

Berikut 5 tempat yang wajib dikunjungi saat berlibur ke negeri laskar pelangi atau pulau Belitung provinsi Bangka Belitung.

1. Pantai Tajung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Terletak di utara pulau Belitung, jaraknya 37 km dari pusat kota Tanjungpandan. Pantai ini memiliki pasir putih, dan terdapat ratusan batu granit besar yang tersebar, sehingga menjadi tempat wisata ungulan di Pulau Belitung.

Pantai ini mulai terkenal karena dijadikannya lokasi film Laskar Pelangi (2008). Di sana juga banyak warung yang menjual makanan seafood sehingga wisatawan tidak perlu khawatir jika kelaparan. Selain itu juga banyak permainan air di sini, dimulai dari banana boat, kano, hingga ski air. Bagi yang suka pantai masih ada banyak pantai lainnya di Belitung yang sangat bagus.

2. Pulau lengkuas

 

Pulau ini wajib dikunjungi karena selain terdapat peninggalan mercusuar, pemandangan yang ditawarkan sangat memanjakan mata. Air biru yang jernih membuat kita bisa melihat beragam koral yang tumbuh.

Agar bisa ke sini, kita harus menyewa kapal di sekitaran wilayah Tanjung Kelayang, karena dari sini penyeberangan ditempuh hanya berkisaran sekitar 20 menit. Untuk menyewa kapal disarankan menego harga, kalau bisa kita punya teman asli Belitung karena harga ditawarkan penyewa kapal berkisaran 700 hingga 900rb per keluarga. Jika kita bisa menego kita bisa mendapatkan harga 300 - 400rb rupiah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Sekolah Laskar Pelangi

Jika kita pernah menonton film Laskar Pelangi, tentu tidak asing dengan bangunan sekolah yang bisa dikatakan tidak layak. Tenarnya film ini membuat SD Muhammadiyah Gantong ini menjadi objek wisata masyarakat yang penasaran akan suasana tempat Andrea Hirata mengenyam pendidikan dasar.

Bangunan ini terletak di Lenggang, Gantung, Belitung Timur. Namun lokasi bangunan ini bukan lokasi sebenarnya, karena lokasi sebenarnya memiliki akses yang cukup sulit ditempuh wisatawan sehingga bangunan ini dipindahkan.

4. Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata terletak di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gantong, Belitung Timur. Meledaknya film Laskar Pelangi membuat Andrea Hirata membangun museum sastra ini. Berkunjung ke museum ini bisa membuat pengunjung mengenal bagaimana karya sastra menjadi bagian penting bagi kehidupan.

Dari museum ini, pengunjung bisa mendapatkan inspirasi untuk lebih mencintai karya sastra, baik yang ada di Indonesia maupun luar negeri. Selain itu pengunjung akan diajak menapaktilasi perjalanan novel Laskar Pelangi. Mulai dari cuplikan halaman per halaman novel laris tersebut hingga diangkat menjadi sebuah film yang sangat laris di Indonesia.

5. Danau Kaolin

Danau ini menawarkan pemandangan air berwarna biru yang di kelilingi pasir berwarna putih. Danau Kaolin terletak di Desa Perawas, Kecamatan Tanjungpandan, Belitung. Danau ini sebenarnya adalah lokasi pertambangan timah dan kaolin, kemudian penambangnya tidak menutup lubang itu kembali dan dibiarkan begitu saja. Sehingga lama kelamaan bekas tambang ini airnya berubah menjadi biru.

 

Penulis

Reza Sugiharto

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.