Sukses

Studi: Jago dalam Bermain Video Gim Pertanda Kecerdasan

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi telah menemukan kaitan antara bermain gim dengan kecerdasan seseorang. Namun, para periset mengingatkan bahwa hasil riset tersebut tidak berarti bahwa bermain gim membuat Anda lebih pintar.

Studi yang dilakukan oleh Universitas York, Inggris, itu dipublikasikan di jurnal Plos One. Ada dua bagian untuk penelitian tersebut, yang pertama melibatkan 56 peserta, di mana 51 di antaranya adalah laki-laki dengan usia rata-rata 20,5 tahun.

Para periset lalu membandingkan skor tes psikometrik dari subjek dengan kinerja mereka di gim League of Legends. Dalam penelitian ini, mereka menemukan kaitan antara bagaimana pemain tampil dalam permainan dan bagaimana penampilan mereka dalam tes kecerdasan di atas kertas. Periset mengatakan skemanya mirip dengan yang terlihat pada gim seperti catur.

Pada bagian kedua penelitian, periset menggunakan data dari ribuan pemain di sejumlah gim untuk melihat bagaimana kinerja berubah seiring bertambahnya usia. Ini termasuk permainan strategi League of Legends, Dota 2, Destiny, dan Battlefield 3. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja dalam permainan strategi disesuaikan dengan perubahan yang terlihat pada IQ saat para pemain semakin tua.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesimpulan Penelitian

"Permainan seperti League of Legends dan Dota 2 itu rumit, interaktif secara sosial, dan menuntut kecerdasan. Penelitian kami menunjukkan bahwa kinerja Anda dalam gim ini bisa menjadi ukuran kecerdasan," ujar Alex Wade, profesor yang terlibat dalam penelitian tersebut seperti melansir dari Iflscience.

Alasannya mungkin permainan strategi lebih fokus pada memori dan kemampuan membuat keputusan strategis, sedangkan First-Person Shooters mengandalkan kecepatan dan ketepatan. Seperti yang disebutkan, ini tidak berarti bermain gim tertentu membuat Anda lebih pintar. Artinya, jika Anda mahir dalam permainan tertentu, itu mungkin tanda kecerdasan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.