Sukses

Ini Akibat jika Kamu Tak Cerdas Gunakan Obat

Liputan6.com, Jakarta Ada pesan moral keren nih dari #CerdasGunakanObat yang nangkring menjadi trending topic di Twitter hari ini, Selasa (21/11/2017). Acara yang digagas oleh Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat) dan Kementerian Kesehatan RI di sebuah hotel berbintang di Yogyakarta ini bakal nambah ilmu banget, terutama buat kamu yang selama ini minum obat tanpa resep dokter.

Diskusi yang mengundang para blogger kesehatan ini menyorot tentang kebiasaan masyarakat yang asal telan minum obat, tanpa memerhatikan dosis dan masa kedaluwarsanya. Belum lagi bahayanya tentang obat yang dikonsumsi tanpa menggunakan resep dokter.

Dari cuitan para blogger Yogyakarta yang menghadirkan narasumber Ibu Hardiyah dari Dinas Kesehatan Provinsi DIY ini memuat banyak pesan positif. Soal bagaimana perbedaan antara antibiotik dan obat, penjelasan obat bebas dan obat bebas terbatas, sampai soal Tanya 5 O ketika kamu mendapatkan obat. Terlebih, banyak fakta separuh pasien tidak menggunakan obat sesuai resep dokter.

 

1 dari 3 halaman

Cek izin edar dan batasi pemakaian antibiotik

Nah ini dia yang penting. Jangan sampai asal telan itu adalah karena tidak meneliti dahulu izin edar dan jenis obat yang kamu konsumsi 

"Jangan lupa, kalau mau mimik obat cek dulu izin edarnya! Dan kenali identitas obat lainnya yes. #cermatgunakanobat @gemacermat @KemenkesRI," ungkap pemilik akun @elzha09.

Minum antibiotik, perlukah?

Mendengar antibiotik, mungkin kamu langsung berasumsi bahwa hal itu bagus untuk penyembuhan. Tapi apa semua penyakit?

"Cabut gigi, sunat, sehabis melahirkan, dan operasi ringan lainnya tidak perlu antibiotik.@gemacermat @KemenkesRI #CermatGunakanObat," beber pemilik akun @LathifahEdib.

"Penyakit2 yg tdk perlu antibiotik di antaranya campak, cacar, herpes. Penyakit tsb disebabkan virus. #cermatgunakanobat @KemenkesRI," papar pemilik akun @ArintaSetia.

 

2 dari 3 halaman

Tak hanya minum, buang obat pun ada caranya

Ternyata nih, buang obat itu enggak bisa sembarangan. Ada caranya lo. Berikut penjelasannya seperti dikutip dari cuitan @LatthifahEdib

1. Pisahkan obat dari kemasan

2. Lepaskan etiket/tutup dari botol/wadah

3. Buang kemasan obat

4. Buang isi obat sirup ke saluran pembuangan air/jamban setelah diencerkan, hancurkan botolnya, buang ke tempat sampah.

5. Buang obat tablet atau kapsul ke tempat sampah setelah dihancurkan.

6. Gunting tube salep/krim terlebih dahulu dan buang secara terpisah dari tutupnya ke tempat sampah.

7. Buang jarum insulin setelah dirusak dan dalam keadaan tutup terpasang kembali.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Ingin Hewan Kesayangan Lebih Menurut, Ini Tipsnya
Artikel Selanjutnya
Mengapa Anda Tidak Bisa Berhenti Makan? Ini 8 Alasannya