Sukses

Waspada, Warna Kotoran Telinga Tunjukkan Kondisi Kesehatanmu

Selain sering kita keluarkan, warna kotoran pada telinga juga bisa menunjukkan kesehatan tubuhmu.

Liputan6.com, Jakarta - Membersihkan telinga biasa dilakukan oleh banyak orang. Ketika bagian telinga terasa gatal dan tidak nyaman, cara membersihkan telinga yang kerap dilakukan ialah dengan menggunakan cotton bud atau korek telinga.

Dengan menggunakan cotton bud, kotoran dalam telinga bisa terambil. Terlebih dari itu, ternyata warna kotoran telinga bisa menunjukkan tingkat kesehatan telinga kita.

Melansir Birghtside, Selasa (21/11/2017), berikut merupakan sejumlah warna dan jenis kotoran telinga yang bisa mengindikasikan kesehatan telingamu.

1. Kotoran telinga kering

Kotoran telinga yang kering merupakan tanda bahwa tubuhmu mengalami kurang lemak. Bisa juga dikaitkan dengan penyakit kulit yang membuat kulitmu cenderung menjadi kering.

Biasanya, orang-orang di wilayah Asia seperti Tiongkok, Jepang, dan Korea cenderung punya jenis kotoran telinga kering.

2. Kotoran telinga basah

Orang-orang yang punya jenis kotoran telinga seperti ini cenderung tinggal di wilayah yang lebih hangat dibandingkan dengan orang yang memiliki kotoran telinga kering.

Jika kotoran telinga berubah dari kering menjadi basah, hal tersebut bisa karena inflamasi. Segeralah konsultasikan kepada dokter spesialis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Kotoran telinga yang mempunyai bau tak sedap

Selain dibagi menjadi kotoran basah dan kering, kotoran telinga yang bau juga ada dan bisa mengganggu. Namun, tanda tersebut bisa menjadi simbol bahwa telingamu mengalami infeksi sehingga tidak boleh diabaikan.

4. Kotoran telinga berwarna putih

Kotoran yang berwarna putih bisa menandakan bahwa kamu kekurangan vitamin dan kandungan besi dalam tubuh. Kamu bisa memakan buah-buahan dan mengonsumsi vitamin untuk menghindari warna kotoran putih pada telinga.

5. Kotoran telinga berwarna hitam

Walaupun jarang terjadi, jika kotoran telingamu berwarna hitam, kamu perlu waspada. Kotoran hitam bisa jadi tanda bahwa telingamu mengalami infeksi jamur di dalamnya.

3 dari 3 halaman

6. Kotoran telinga berwarna cokelat tua

Kotoran telinga yang berlebihan dan berwarna cokelat tua merupakan tanda bahwa tubuhmu mengalami stres. Luangkanlah sedikit waktu untuk bersantai agar tubuhmu kembali dalam keadaan normal.

7. Kotoran telinga dengan noda darah

Ketika noda darah telihat pada cotton bud, hal ini bisa jadi tanda bahwa gendang telingamu berlubang. Jika dibiarkan dapat menyebabkan infeksi dan menimbulkan penyakit otitis. Jangan biarkan hal ini karena bisa memperparah kemampuan pendengaranmu.

8. Kotoran berwarna abu-abu

Kotoran telinga yang berwarna abu-abu tidak perlu ditakutkan. Biasanya, orang-orang yang cenderung mempunyai kotoran telinga kering kerap mendapati warna abu-abu pada kotoran telinganya. Warna abu-abu juga bisa muncul karena debu dan polusi.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.