Sukses

Pecahkan Rekor, Poster Langka Film Dracula Terjual Rp 7 M

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda ingat masa-masa ketika poster film menjadi barang kolektor yang populer? Ya, dulu memiliki poster bintang film atau film favorit yang ditempel di dinding kamar tidur menjadi kebanggaan tersendiri.

Kini, tak banyak lagi orang-orang yang mengoleksi poster film. Padahal, poster film tersebut bisa saja memiliki harga yang fantastis, seperti kisah berikut.

Nilai sebuah poster film ditentukan oleh beberapa hal. Pertama, mereka harus merupakan salinan asli dan bukan cetak ulang. Kedua, mereka harus berada dalam kondisi rapi, tidak digulung dan dilipat.

Nilai poster juga dinilai oleh popularitas film serta jumlah cetakan asli yang dikeluarkan. Jika filmnya gagal atau tidak berdampak besar pada industri film, posternya akan memiliki nilai jauh lebih rendah dibanding film yang memecahkan rekor box office di seluruh dunia.

Terdapat 15 poster film paling mahal yang pernah dijual di pelelangan. Tiga di antaranya termasuk ke dalam film dunia monster, yaitu Frankenstein, The Mummy, dan Black Cat.

Poster film Dracula tahun 1931 yang dilelang di Dallas, memecahkan rekor dunia untuk poster paling mahal yang pernah dijual. Saat dilelang di sebuah pelelangan yang berbasis di Dallas, poster itu terjual dengan harga 525.800 dolar atau sekitar 7 miliar rupiah.

 

1 dari 2 halaman

Seperti Apa Posternya?

Poster tersebut menampilkan Bela Lugosi sebagai Dracula dan disiapkan untuk dilelang oleh keluarga dari cinematography dan fotografer George J Mitchell Jr, yang memiliki poster itu sejak 1950-an. Pembeli poster itu sendiri ditetapkan sebagai anonim.

Rekaman lelang sebelumnya untuk poster film yang laku terjual dengan harga mahal adalah seharga 478 ribu dolar atau sekitar 6 miliar rupiah. Dua poster yang termasuk ke dalam jumlah tersebut, yakni salinan Michael Curtiz 1946 dari Casablanca dan Londong After Midnight yang dicetak pada 1927.

Meski terjual dengan harga fantastis, poster film Dracula hanya menjadi poster film paling mahal yang dijual di pelelangan dan bukan poster paling berharga di dunia.

(Sul/Ul)

Saksikan Video  Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
6 Penulis Terkaya Dunia di 2017