Sukses

Mengintip Cara Para Finalis CJA Membangun Teamwork

Liputan6.com, Jakarta - Selain diharuskan dapat bekerja secara individu, bekerja sama dalam tim di lingkungan dunia kerja juga sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, membangun teamwork yang baik untuk mendapatkan hasil yang optimal sangatlah dibutuhkan sebagai bekal nantinya.

Ada beberapa sifat penting untuk membangun teamwork yang baik. Salah satunya bisa dilihat dari cara finalis Citizen Journalist Academy (CJA) membangun teamwork dalam acara Jambore pada 17 November 2017 di Grafika Cikole, Bandung. Acara Jambore ini dilangsungkan untuk menyambut acara puncak, yaitu Grand Final.

Kira-kira sifat apa saja yang dibangun oleh finalis CJA? Liputan6.com telah merangkumnya sebagai berikut:

1. Mengenal Lebih Dekat

Sejumlah peserta mengikuti game di Jambore Citizen Journalist Academy Energi Muda Pertamina di Cikole, Bandung (16/11). Jelang Awarding, para finalis menjalani beberapa rangkaian acara. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Sifat yang dibentuk dalam membangun teamwork yang baik saat Jambore ialah para finalis CJA dan panitia dicampur aduk menjadi satu. Di mana saat menginap, pembagian kelompok per kamar berisi sebanyak enam orang CJA Jakarta, Semarang, dan Balikpapan beserta panitia. Pembagian kelompok per kamar ini dilakukan secara adil dan bertujuan agar seluruh CJA dari ketiga kota atau bahkan dengan panitia dapat lebih akrab satu sama lain dan terbiasa nantinya di dunia kerja dapat terbiasa bersosialisasi dengan orang baru.

 

2. Konsentrasi

Sejumlah peserta mengikuti game di Jambore Citizen Journalist Academy Energi Muda Pertamina di Cikole, Bandung (16/11). Jelang Awarding, para finalis menjalani beberapa rangkaian acara. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Konsentrasi dalam suatu tim juga sangat diperlukan demi mencapai hasil yang optimal. Dalam membangun konsentrasi saat Jambore, cara yang dilakukan finalis CJA adalah melakukan games menarik, seperti tepuk tangan, berhitung, dan lain-lain.

 

 

1 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Kekompakan

Sejumlah peserta mengikuti game di Jambore Citizen Journalist Academy Energi Muda Pertamina di Cikole, Bandung (16/11). Jelang Awarding, para finalis menjalani beberapa rangkaian acara. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Suatu tim tentu membutuhkan kekompakan, sehingga sifat kompak tentu sangat diperlukan. Dalam membangun kekompakan, cara yang dilakukan finalis CJA sat Jambore ialah dengan melakukan games menarik, seperti pohon dan tupai, dan lain-lain.

 

4. Tidak Menjadi Pemilih

Para peserta dan mentor saat mengikuti game di Jambore Citizen Journalist Academy Energi Muda Pertamina di Cikole, Bandung (16/11). Finalis ini berasal dari 3 kota Semarang, Balikpapan dan Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Sifat selektif mungkin diperlukan namun kalau terlalu menjadi selektif dapat menjadi tidak baik, terlebih jika ini diterapkan dalam sebuah tim. Dalam membangun sifat ini, cara yang dilakukan finalis CJA saat Jambore ialah melakukan games menarik, seperti game berpasangan. Dalam game berpasangan, finalis CJA mendapat pasangan secara random. Dengan menerapkan hal tersebut, dapat menjadi bekal CJA nantinya untuk tidak terlalu selektif dalam tim. Jika dihadapkan dengan orang yang tidak dikenal sekalipun, para finalis CJA dapat siap dan tetap bekerja dengan baik tanpa mempengaruhi apapun.

2 dari 4 halaman

Mengunjungi SCTV Tower dan Kantor Pertamina Pusat

Sebelumnya, para finalis CJA mengunjungi SCTV Tower terlebih dahulu. Para finalis disambut oleh Head of Community Development Liputan6.com, Sulistyo.Setelah itu, finalis CJA dibagi menjadi sepuluh kelompok yang diberi nama tiap kanal yang ada di Liputan6.com.

Setelah dibagi per kelompok, para finalis CJA mengikuti office tour ke Indosiar yang berada di lantai 9 dan Liputan6.com yang berada di lantai 17. Di lantai 9, para finalis menyaksikan siaran langsung program Indosiar. Adapun di lantai 17, mereka melihat suasana kerja Liputan6.com.

Para finalis tampak antusias mengikuti office tour. Bahkan, mereka kerap melontarkan pertanyaan ke beberapa Editor maupun Redaktur Pelaksana Liputan6.com yang tnnengah bertugas.

Seusai office tour, para finalis CJA dipersilakan istirahat dan makan siang. Setelahnya, mereka bergegas meninggalkan SCTV Tower menuju Kantor Pertamina Pusat.

Sesampainya di Kantor Pertamina Pusat, para finalis CJA disambut oleh Sekretaris Pertamina, Syahrial Mochtar.

Setelah sambutan dari Sekretaris Perusahaan PT Pertamina (Persero) Syahrial Mochtar, acara kemudian dilanjutkan dengan berbagai talkshow dari beberapa narasumber. Bahasannya mengenai komunikasi di media saat ini, bagaimana perubahannya, dan cara pertamina menanggapi atau mengantisipasi perubahan trend media.

Selain itu, dalam talkshow tersebut juga mengenalkan Pertalite dan menjelaskan bagaimana posisi stratetis kampanye Pertalite. Ada juga pengenalan dan pembahasan program kartu uang elektronik milik Pertamina yaitu My Pertamina Loyalty.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab serta penampilan yel-yel dari masing-masing kota finalis CJA. Untuk memeriahkan acara, Pertamina memberikan voucher Pertamax kepada penanya dan penampilan yel-yel terbaik. Acara ditutup dengan presentasi kegiatan CJA dari ketiga kota oleh perwakilan masing-masing.

Di akhir acara, Pemimpin Redaksi Liputan6.com, Mohamad Teguh berkesempatan menyampaikan harapannya terkait acara CJA.

Acara puncak Grand Final sendiri akan diselenggarakan pada Sabtu, 18 November 2017, acara CJA akan terselenggara di The Ice Palace, Lotte Avenue, Jakarta. Rangkaian grand final CJA akan ditutup pada Minggu, 19 November 2017 dengan acara Car Free Day.

3 dari 4 halaman

Seputar Citizen Journalist Academy

Campus Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina atau CJA digagas oleh Pertamina, Indosiar, dan Liputan6.com. Program ini mencari 90 sosok mahasiswa yang memiliki minat menulis, videography, presenting, dan public relations.

Finalis akan mengikuti mobile creative internship di masing-masing kota, yaitu Semarang, Balikpapan, dan Jakarta. Selama empat bulan, para mahasiswa belajar dan berkarya layaknya jurnalis di bawah bimbingan Redaksi Liputan6.com dan Tim Kreatif News Indosiar.

Finalis CJA yang terpilih, berkompetisi untuk membuat liputan tentang kepedulian terhadap isu lingkungan, energi maupun potensi lokal, seperti budaya, kuliner, wisata, dan tema menarik lainnya. Hasil karya para finalis ini ditayangkan di microsite liputan6.com dan program Fokus Indosiar.

Penulis: 

Fitriana Monica Sari

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Artikel Selanjutnya
Lewat Kegiatan Ini Bantu Pelaku Usaha Tingkatkan Bisnisnya
Artikel Selanjutnya
Aksentuasi Scarf Bikin Gaya Makin Fashionable