Sukses

Fakta Menarik Pertamina yang Wajib Kamu Tahu

Liputan6.com, Jakarta Sejak didirkan pada tanggal 10 desember 1957 dengan nama PT Perusahaan Minyak Nasional atau disingkat PERMINA dan pada tahun 1968 memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan PERTAMIN sehingga berubah menjadi PERTAMINA.

Pertamina kemudian diwajibkan beralih bentuk menjadi PT Pertamina (Persero) sebagai konsekuensi penerapan undang-undang minyak dan gas bumi No. 22 tahun 2001 yang di terbitkan pemerintah. Pertamina kemudian semakin berkembang hingga pada sektor hulu, Pertamina membentuk sejumlah anak perusahaan yang kemudian atas dasar itulah PT Pertamina EP dididirikan pada 13 september 2005.

Fakta lain yang begitu menarik dari PT Pertamina ialah sejak awal didirikan sampai dengan saat ini PT Pertamina telah memngalami 4 kali penggantian logo. PT Pertamina sendiri memiliki pabrik oli terbesar di Asia, tak hanya itu saja PT Pertamina memiliki 6.454 SPBU yang tersebar di seluruh Indonesia sehingga menjadikannya sebagai PT Persero yang memberi pengaruh besar bagi masyarakat dan pembangunan, peningkatan produksi minyak dang gas Nasional.

Tercatat pada tahun 2013 aset dari PT Pertamina mencapai US$ 49,3 miliar, sedangkan untuk pendapatan dan laba bersih yang berhasil peroleh menncapai US$ 71,1 miliar dan US$ 3,0 miliar.Sejumlah aset, laba dan pendapatan yang besar tidak membuat PT Pertamina lupa dan tidak berkontribusi dalam meningkatkan kemajuan masyarakat ataupun lingkungan Nasional. PT Pertamina aktif dalam kegiatan penghijauan bertujuan untuk menambah pengetahuan kaum muda seputar minyak dan gas yang dapat memajukan pertumbuhan negara ini.

Penulis

Oliver Tinangon

Universitas Mercubuana

Finalis CJA Energi Muda Pertamina Jakarta

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Artikel Selanjutnya
Tak Punya Passion? Kenali Keahlian Anda Dengan Cara Berikut
Artikel Selanjutnya
Bukan Hemat, Ini Tandanya Jika Anda Seorang yang Pelit