Sukses

Tidur Saat Pesawat Lepas Landas Ternyata Berbahaya, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta - Jika kamu termasuk orang yang mudah tertidur di pesawat terbang, bahkan sebelum pesawat lepas landas dan mendarat, sebaiknya kamu harus menghentikan kebiasaan itu. Masalahnya, tidur di pesawat saat lepas landas dan mendarat dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Harvard Medical School, ditemukan bahwa risiko tidur di pesawat bisa menyebabkan gangguan pendengaran.

Ketika pesawat naik ke udara atau turun, tekanan udara di kabin berubah secara cepat mengikuti ketinggian. Jika kamu tidak siap beradaptasi, hal tersebut bisa merusak gendang telinga.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari laman New York Post, seorang pakar kesehatan Inggris, Angela Chalmers menjelaskan, sebuah perubahan cepat di ketinggian berdampak pada tekanan udara di telinga. Hal ini bisa menyebabkan kekosongan di tabung Eustachian yang membuat telinga terasa seperti tersumbat dan tidak terdengar suara.

Oleh karena itu, Chalmers menyarankan untuk tidak tidur di pesawat terbang selama lepas landas dan mendarat agar mengurangi risiko tersebut.

Pernyataan Angela Chalmers didukung oleh informasi di situs MedlinePlus, sebuah situs informasi yang dikelola US National Library of Medicine, jika telinga kamu tetap tersumbat maka bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti pusing, infeksi di telinga, gendang telinga rusak dan yang lebih parah adalah telinga berdarah dan kehilangan pendengaran.

Oleh karena itu, alangkah baiknya kamu tetap terjaga selama pesawat lepas landas dan mendarat. Hal ini tentunya sangat membantu untuk membuat telinga kamu mengimbangkan tekanan udara di dalam gendang telinga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Solusinya

Menurut MediaPlus, menelan atau menguap membuka tabung Eustachian dan membuat udara mengalir masuk dan keluar ke bagian tengah telinga.

Ini membantu mengimbangi tekanan udara di masing-masing gendang telinga jika tabung Eustachian tersumbat, tekanan udara di bagian tengah telinga berbeda dengan tekanan di bagian luar gendang telinga.

Intinya, untuk menghindari risiko tadi, pastikan kamu tidak tidur saat awak pesawat terbang mengumumkan bahwa pesawat akan segera lepas landas ataupun akan segera mendarat.

Namun, bagi kamu yang masih mengantuk dalam situasi kritis tersebut, kamu bisa mengatasinya dengan mengunyah permen karet ataupun minum air putih.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.