Sukses

Selain Main Gawai, Ini 7 Penyebab Tubuh Letih Saat Bangun Tidur

Sering merasa letih setelah mendapat tidur yang cukup? Mungkin kamu mengalami tujuh faktor di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Saat bangun tidur seharusnya tubuh kita dalam kondisi yang fit, sehingga bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik. Alih-alih merasa lebih bugar, setelah bangun tidur tubuh justru menjadi terasa letih. Hal ini ternyata dialami oleh banyak orang.

Pastinya kamu ingin tahu alasan mengapa tubuh kita justru lebih letih saat bangun tidur. Melansir Huffington Post, Kamis (23/11/2017), berikut ini merupakan sejumlah faktor yang dapat menjelaskan mengapa tubuh letih saat bangun tidur.

1. Bermain gawai

Gadget serta ponsel kerap kali sering kita gunakan sebelum tidur. Padahal, cahaya biru pada ponsel atau gawai bisa mengganggu waktu tidur kita. Ketika mata kita terkena cahaya biru, hal ini dapat menyuruh otak untuk berhenti menghasilkan melatonin atau senyawa yang membuat tubuh kita untuk tidur. 

2. Kelebihan berat badan

Menumpuknya lemak terutama pada bagian leher dan tengah tubuh dapat menyebabkan gangguan tidur atau sleep apnea. Kondisi ini terjadi ketika saluran udara terhambat dan menyebabkan tidur mendengkur dengan keras.

Karena saluran pernapasan terhambat, keesokan harinya justru membuat kualitas tidur kita terganggu. Tubuh menjadi terasa lebih letih.

3. Mandi air hangat

Untuk sebagian orang, sebelum tidur ada baiknya mandi air hangat untuk membuat tidur lebih rileks. Ternyata mandi dengan air hangat justru bisa menganggu kualitas tidur. Temperatur tubuh kita akan semakin turun menjelang waktu tidur.

Kondisi ini akan terganggu, ketika air panas dapat mengurangi kesempatan tubuh menjadi dingin untuk tidur. Ada baiknya berikan jarak waktu selama satu jam setelah mandi air hangat dan pastikan agar kamarmu sejuk dan dingin.

 

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Makanan yang salah

Jika kamu makan makanan yang mengandung garam berlebih dan berlemak, hal ini dapat menyebabkan stimulasi pada otak. Kondisi yang dapat terjadi bisa mengganggu tidurmu menjadi mimpi buruk.

Akibatnya berimbas pada kualitas tidur. Akan lebih baik jika mengonsumsi pisang, kacang almond atau secangkir susu hangat untuk membuat tidurmu menjadi lebih baik.

5. Kondisi kamar

Percayalah bahwa kondisi kamar yang berantakan bisa mengganggu kondisi tidurmu. Kamar berantakan bisa memicu rasa cemas dan meningatkanmu pada pekerjaan atau urusan yang belum kelar.

Kondisi tersebut berujung menyulitkan dirimu untuk tidur. Itulah sebabnya mengapa kamar harus dibiasakan serapih mungkin.

3 dari 3 halaman

6. Olahraga

Berolahraga ataupun melakukan aktivitas fisik ternyata mampu membuat diri kita menjadi lebih lelah. Hanya saja, jika kita melakukan olahraga berat menjelang waktu tidur, hal ini dapat menganggu waktu tidurmu.

Para ahli justru menyarankan agar melakukan olahraga, tiga jam sebelum mendekati waktu tidur.

7. Stres

Saat mengalami stres, tubuh menghasilkan koristol atau hormon yang memicu rasa adrenalin kita. Hormon itu dapat menganggu ritme tubuh yang biasa berfungsi untuk membuat kita menjadi semangat di pagi hari.

Namun, jika muncul di malam hari karena stres, dapat menimbulkan kualitas tidur yang menurun. Hal yang dapat  terjadi malahan membuat kita menjadi terasa lelah.

(Ai/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.