Sukses

Langka, Seniman Ini Ciptakan Lukisan di Atas Daun Kering

Seni itu tidak ada batasnya. Semua orang berhak berkarya. Seperti pria ini, dia berhasil melukis di atas daun.

Liputan6.com, Jakarta Membuat sebuah karya merupakan hak semua orang. Semua orang bebas berkarya. Namun setiap orang tentunya memiliki bakat masing-masing. Ada yang jago menyanyi tapi tidak bisa melukis dan sebaliknya. Jika kita sudah menemukan bakat kita dan kita asah terus maka setiap karya yang kita buat akan banyak dikagumi orang. Seperti pria India ini, dia berhasil melukis karya seni di atas daun kering

Sandesh S. Rangneka, pria asal India ini berhasil membuat lukisan di atas daun peepal. Daun peepal adalah daun yang berbentuk seperti daun sirih dan dianggap suci bagi orang India. Awal mula Sandesh tertarik dan bisa melukis di atas daun peepal dari ayahnya. Ayahnya Sandesh juga memiliki keahlian melukis di atas daun peepal.

Sandesh mulai menyelinap ke studio ayahnya saat berusia 10 tahun kemudian Sandesh mencoba mempelajari seni ini. Dia selalu meninggalkan studio sebelum ayahnya pulang, jadi ayahnya tidak tahu bakat artistik Sandesh. 

Saat memperlihatkan karya pertama ke ayahnya, ayahnya langung terkesan. Sang ayah langsung melatih bakat Sandesh yang membuatnya sangat percaya diri.

Sandesh S. Rangnekar mewarisi bakat ayahnya dan merupakan satu dari sedikit seniman India yang menyimpan seni lukis daun peepal. Lukisan yang dibuat Sandesh memiliki detail yang membuat kita tercengang melihat karyanya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daun Harus Direndam di Dalam Air

Menurut Sandesh, untuk bisa melukis di daun peepal pertama-tama harus tahu tentang daun dan kerangka. Daun peepal yang siap dilukis membutuhkan waktu selama 40 hari.

Tujuannya adalah untuk menyingkirkan kulit daun yang hijau sehingga hanya tersisa jaring bersih dan tembus pandang. Dalam rentan waktu 40 hari tersebut, daun peepal harus direndam di dalam air agar kandungan yang melembabkan atau melicinkan daun bisa hilang.

Begitu kanvasnya siap, Sandesh S. Rangnekar menggunakan ujung kuas yang halus untuk melukis dengan cermat. Butuh waktu selama dua hari agar Sandesh bisa menghasilkan karya seni diatas daun peepal. Bentuk kesenian tradisional ini membutuhkan ketepatan dan kesabaran, namun semua itu akan sebanding dengan hasilnya.

Karena sifat rapuh dari daun, lukisan harus dibingkai agar lebih baik. "Awetnya lukisan itu tergantung bagaimana kita menjaganya. Lukisan itu harus dibingkai," kata Sandesh kepada Barcroft TV.

Untuk melihat lebih banyak karya lukisan Sandesh, bisa dilihat di laman Facebooknya yang siap membuat Anda tercengang.

 

Penulis

Reza Sugiharto

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.