Sukses

Cara Mudah dan Cepat Bikin Cermin dari Gelas, Tertarik Coba?

Seorang seniman bernama Dave Smith, menunjukan cara membuat cermin dari gelas. Penasaran bagaimana prosesnya?

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum keluar rumah, pastinya kita mengoreksi penampilan kita dengan melihat cermin. Namun, apakah kamu pernah berpikir bagaimana pembuatan cermin?

Dengan campuran bahan kimia, gelas transparan biasa ternyata bisa diubah menjadi sebuah cermin. Akun Instagram dengan nama @davesmithartist menunjukkan bagaimana proses pembuatan cermin dalam yang membuat takjub warganet.

Dave Smith yang berprofesi sebagai seniman kerap menghasilkan karya melalui cermin. Seniman asal Torquay, Inggris itu juga sudah bekerja di bidang kaca dan cermin selama 33 tahun. Sehingga menghasilkan cermin, merupakan hal yang biasa baginya.

Hal pertama yang perlu dilakukannya adalah menggunakan masker penutup wajah yang transparan, celemek, serta sarung tangan plastik. Untuk menghasilkan cermin, Dave menyiapkan senyawa kimia perak nitrat, amonia, serta air deionisasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses Selanjutnya

Keduanya lalu dicampurkan pada botol air deinosisasi. Ketika kedua bahan kimia tersebut dicampurkan akan beraksi seperti bubuk kotoran.

Oleh karena itu, botol perlu dikocok sehingga reaksi kedua kimia tersebut menghasilkan cairan bening dan bersih.

Setelah cairan bersih, Dave menuangkan cairan tersebut ke dalam gelas transparan. Dari situlah keajaban muncul. Lama kelamaan, reaksi cairan kimia menghasilkan sebuah pantulan cermin pada gelas transparan sebelumnya.

Dave kemudian membersihkan cermin yang baru dibuatnya dengan air. Tujuannya untuk menghasilkan pantulan bayangan yang sempurna pada cermin.

Walupun cara pembuatan cermin yang dilakukan Dave terlihat mudah. Dirinya juga mengatakan bahwa senyawa kimia yang ia gunakan tidak dianjurkan untuk dipakai oleh orang-orang yang belum terlatih.

(Ai/Sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.