Sukses

Tanpa Pewarna Buatan, Cokelat Lezat Ini Berwarna Merah Muda

Liputan6.com, Jakarta Cokelat merupakan makanan atau camilan yang banyak disukai orang. Bahkan, sebatang cokelat bisa membuat yang menyantap menjadi bahagia karena cokelat mengandung phenethylamine. Zat tersebut mampu menghasilkan hormon endorfin dalam tubuh.

Hormon endorfin adalah hormon yang bisa membuat seseorang merasa bahagia. Seperti yang kita ketahui, cokelat berwarna cokelat muda, cokelat gelap, dan putih. Kali ini ada perusahaan yang berhasil membuat cokelat berwarna merah muda.

Barry Callebaut, perusahaan yang berbasis di Zurich, Swiss, berhasil mengembangkan cokelat agar bisa berwarna merah muda. Butuh waktu selama 13 tahun hingga mereka berhasil mendapatkan warna tersebut. Cokelat berwarna merah muda ini bernama Ruby Chocolate. 

Warna merah muda ini bukan hasil dari pewarna buatan, melainkan warna alami dari biji cokelat yang berasal dari Pantai Gading, Ekuador, dan Brasil.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cokelat Merah Muda Belum Dipasarkan

Diresmikan di Shanghai, China, cokelat ruby ini terasa manis tapi sedikit asam. Barry Callebaut mengklaim telah mendapatkan respons yang bagus. Sayangnya, kita harus menunggu setidaknya enam bulan lagi sebelum bisa merasakan varian cokelat terbaru. Perusahaan Swiss tersebut mengumumkan bahwa akan dijual di suatu tempat di dunia dalam 6 sampai 18 bulan mendatang.

"Kami tidak menambahkan perasa, kami tidak menambahkan pewarna, atau zat aditif lainnya, itu murni keluar dari biji cokelat, dan semuanya alami," kata Peter Boone salah satu perwakilan dari Barry Callebaut, dilansir dari The Guardian. 

"Anda bisa membuat warna bahkan meniru rasa cokelat tersebut, tapi membuat warna dan rasa secara alami tanpa bahan tambahan, akan sangat sulit," ujar Antoine de Saint-Affrique selaku CEO Barry Callebaut.

Ruby Chocolate diharapkan bisa diterima dan disukai masyarakat. Namun, kesuksesan jangka panjangnya jelas tergantung pada seberapa enak rasanya.

 

Penulis 

Reza Sugiharto

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.