Sukses

8 Nasi Gudeg Ini Paling Digemari di Jakarta, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Nasi gudeg memang menjadi salah satu makanan khas Jawa yang telah menjadi kuliner unggulan yang disukai wisatawan lokal maupun mancanegara. Biasanya makanan ini bisa dengan mudah kamu dapatkan di sepanjang jalanan Solo maupun Jogjakarta.

Gudek juga punya ciri khas rasa yang gurih dengan campuran manis hasil dari olahan nangka yang dicampur santan. Agar makin mantap, biasanya gudeg diasajikan dengan nasi, ayam, telur, tahu, krecek dan ditambahkan dengan sambal.

Namun bagi kamu para pecinta gudeg, kini tak perlu jauh-jauh sampai ke Jogja dan Solo untuk menikmati nasi gudeg yang enak. Kamu hanya perlu mendatangi nasi gudek yang tersebar di wilayah Jakarta.

Berikut 8 nasi gudeg enak yang bisa kamu cicipi di Jakarta.

 

1. Warung Gudeg Bu Tina

Gudeg buatan Bu Tina ini memang sudah banyak dikenal para penikmat nasi gudeg. Tak perlu mengeluarkan kocek besar untuk bisa mendapatkan sepiring gudeg di warung gudeg Bu Tina ini. Kamu hanya perlu mengeluarkan Rp 5.000 – 25.000 untuk menikmati nasi gudeg super nikmat.

Lokasi Warung Gudeg Bu Tina ini pun sangat gampang untuk ditemui, terletak persis di depan Stasiun Gondangdia. Bu Tina menjual gudeg khas Keraton yang sangat melegenda dan pastinya bisa membuat kamu tak cukup jika hanya mencicipi satu piring saja.

2. Gudeg Kandjeng

Gudeg kedua yang juga paling enak dan selalu ramai dikunjungi pecinta gudeg di Jakarta adalah Gudeg Kandjeng. Lokasinya yang sangat strategis membuat tempat ini selalu penuh dan menjadi favorit warga Jakarta.

Berada di dekat lapangan tenis bulungan, Gudeg Kandjeng ini dipatok dari harga Rp 22.000 – Rp 34.000 untuk seporsi gudeg lengkap yang bisa kamu cicipi di sini. Buat kamu yang sangat suka makanan pedas, Gudeg Kandjeng ini sangat rekomendasi, karena sang pemilik menawarkan sambal yang pedas dan nikmat tentunya.

 

 

1 dari 3 halaman

3. Gudeg Bu Tjitro

Gudeg yang satu ini sangat terkenal dengan rasanya yang enak dan sangat nikmat di lidah kamu. Rasa manis dan asin yang menjadi ciri khas ini membuat para pecinta kuliner gemar berkunjung ke Gudeg Bu Tjitro ini.

Warug gudeg Bu Tjitro memiliki krecek yang melegendaris. Teksturnya sangat pas sehingga tempat ini selalu menjadi juaranya para pecinta gudeg.

 

Untuk bisa mencicipi Nasi Gudeg buatan Bu Tjitro, kamu harus merogoh kocek Rp 10.000 hingga Rp 30.000.

4. Gudeg Bu Gito

Walaupun berada di Jakarta, tapi gudeg yang satu ini “diimpor” langsung dari Jogjakarta lho. Memang agak sedikit berbeda dari gudeg yang lainnya. Nasi gudeg buatan Bu Gito ini termasuk dalam kategori gudeg yang kering dan memang tidak basah maupun berkuah sama sekali. Jika kamu belum pernah mencicipi gudeg, kamu harus tahu terlebih dahulu kalau ada dua jenis gudeg di Indonesia ini, basah dan kering.

Kamu hanya cukup membayar Rp 17.000 untuk mendapatkan sepiring nasi gudeng komplit di warung milik Bu Gito ini. Sangat terjangkau bukan harganya?

5. Gudeg Pejompongan

Lihat saja kuah santan yang melumuri Nasi Gudeg Pejompongan ini. Dari tampilannya saja sudah menggugah selera kita, bukan?

Kalau tadi kita sudah menemui gudeg kering buatan Bu Gito, kini saatnya mencicipi gudeg basah yang berada di Warung Gudeg Pejompongan. Gudeg ini memang sangat identik dengan krecek dan santan. Di tempat ini kamu bisa menjajal krecek yang super enak, kenyal dan tidak alot sama sekali.

Untuk bisa mendapatkan seporsi gudeg di sini, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 30.000. Memang harganya sedikit lebih mahal ketimbang dengan gudeg lainnya, tapi di sini porsinya banyak, bahkan bisa untuk sampai berdua lho.

2 dari 3 halaman

6. Gudeg Pak Atmo

Tak perlu ragu untuk mencicipi gudeg enak khas Jogjakarta di warung gudeg Pak Atmo ini. Rasanya yang sangat pas membuat kamu seolah-olah sedang berada di Jogjakarta. Dia merupakan salah satu kepala koki Istana Mangkunegara pada tahun 1927. Kini warung gudegnya selalu ramai dipadati oleh para pecinta kuliner.

Gudeg kreasi Pak Atmo ini cenderung lebih manis dan rasa dari bumbunya sangat nikmat dan pas di lidah. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 16.00, tempat ini hampir tak pernah sepi dari pengunjung. Khusunya bagi penggemar Nasi Gudeg enak Jakarta.

Walaupun harganya terbilang lumayan mahal yakni Rp 31.000 untuk seporsi Nasi Gudeg Krecek, tapi rasa memang benar-benar tidak bisa bohong. Enggak percaya? Silakan datang dan cicipi sendiri.

7. Gudeg Batutulis

Disajikan dengan nasi panas yang dipadukan dengan lumuran kuah santan yang membasahi olahan nangka, krecek, telur dan ayam ini sangat pas untuk kamu jadikan menu makan siang.

Warung Gudeg Batutulis yang sangat melegendaris di bilangan Jakarta Utara ini sudah berdiri sejak tahun 1990-an. Selain gudegnya yang menjadi favorit, di sini kamu juga wajib mencicipi opor ayam dan bisa dicampurkan dengan nasi gudegnya agar rasanya menjadi semakin nikmat.

Selalu buka setiap hari, jadi kamu sudah bisa datang mulai dari pukul 08.30 sampai 21.00 malam. Satu porsi nasi gudeg dipatok harga mulai dari Rp 20.000 – Rp 50.000.

8. Gudeg Bu Dibyo

Berada di kawasan Pondok Aren, Gudeg Bu Dibyo ini hanya buka dari hari Sabtu sampai Selasa mulai pukul 10.00 hingga 19.00. Merupakan salah satu warung gudeng yang paling terkenal dan selalu diminati oleh para pengunjung ini langsung didatangkan dari Jogjakarta.

Awalnya Bu Dibyo hanya buka di Jogja, kini ia mulai memulai usahanya dengan membuka cabang di Jakarta, yang sengaja disuguhi khusus untuk para penduduk Jakarta yang ingin merasakan kenikmatan dari gudeng buatannya. Kisaran harga gudeg di sini Rp 19.000 – Rp 39.000 untuk seporsinya.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Artikel Selanjutnya
15 Makanan Khas Cirebon Ini Bertahan dari Gempuran Junk Food
Artikel Selanjutnya
Menyantap Menu Autentik Negeri Tirai Bambu di Jakarta Barat