Sukses

9 Kebiasaan Unik Orang Jepang Gunakan Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone sudah menjadi bagian dari kebutuhan hidup yang susah dipisahkan. Kini smartphone bukan hanya bisa mendekatkan orang yang jauh, komunikasi jadi lebih mudah, tapi juga di smartphone sudah banyak fitur baru yang memudahkan segalanya.

Di balik kemudahan yang ditawarkan oleh smartphone, ada banyak hal unik yang dibawa oleh smartphone. Bukan hanya dari segi software atau hardware, tapi juga kebiasaan unik pengguna smartphone.

Jepang terkenal sebagai negara yang memiliki banyak budaya unik. Gimana tidak, Jepang sangat menjaga nilai-nilai peninggalan sejarahnya. Dan tak lupa, Jepang juga sering mengeluarkan teknologi-teknologi unik. Namun siapa sangka jika orang Jepang juga punya kebiasaan unik saat menggunakan smartphone?

1. Tidak Teleponan Saat di Kendaraan Umum

Di Jepang, hampir semua warganya terbiasa dengan kendaraan umum, baik itu kereta maupun bus. Uniknya, semua orang Jepang tidak pernah menerima telepon atau menelepon saat berada dalam kendaraan umum. Hal ini karena orang Jepang memiliki kultur yang tinggi dalam hal menghargai orang lain. Jadi, menelepon di kendaraan umum dianggap mengganggu kenyamanan orang lain.

2. Jarang Menggunakan Headset untuk Teleponan

Saat ada telepon masuk, orang Jepang lebih suka jika menerimanya tanpa menggunakan headset. Tujuannya agar tidak disangka ngomong sendiri.

Adapun jika menggunakan headset, orang Jepang akan memegang bagian headset yang ada di telinga sebagai tanda bahwa dirinya sedang teleponan. Jika bisa, untuk menjaga kenyamanan publik, orang Jepang bahkan lebih suka menerima telepon di tempat sepi. Bukan di hadapan orang banyak.

3. Foto Profil Menggunakan Avatar Kartun

Alih-alih pamer foto dengan pose terbaiknya, orang Jepang lebih suka menggunakan avatar berupa foto kartun di media sosial atau aplikasi chatting di smartphone mereka. Bukan sembarang avatar, orang Jepang lebih suka menggunakan avatar buatannya sendiri, bukan buatan orang lain, sehingga foto profil mereka dibuat seunik mungkin dan menggambarkan kepribadian mereka.

 

 

1 dari 3 halaman

4. Dimarahi Jika Pakai Smartphone Saat Kerja

Orang Jepang sangat ketat untuk urusan pekerjaan. Selain jam kerja di Jepang berada di atas rata-rata jam kerja Indonesia, orang Jepang juga sangat tidak suka dengan orang yang kerjanya tidak serius. Untuk itulah saat ketahuan membuka smartphone di jam kerja, teman kerja kamu akan marah dan tidak suka, bukan cuma bos.

5. Tidak Suka Voice Command

Voice command atau perintah suara seperti SIRI dan Google Assistant di smartphone sangatlah membantu saat kamu tidak bisa menggunakan smartphone dengan sentuhan tangan. Namun anehnya, orang Jepang justru tidak suka menggunakannya. Usut punya usut, hal ini karena daya tangkap voice command terhadap suara orang Jepang sering salah.

6. Pemain Gim Mobile Kebanyakan Orang Dewasa

Di Indonesia, anak-anak muda lah yang paling antusias menyambut gim baru. Namun di Jepang, orang dewasa lah yang paling antusias. Selain orang dewasa lebih butuh hiburan setelah kerja, di Jepang juga orang dewasa lebih mampu membeli item gim yang ada di In-App Purchase untuk menghindari pembajakan.

2 dari 3 halaman

7. Gyaru-moji

Kamu yang punya teman orang Jepang pasti pernah mengalami saat-saat di mana temanmu mengirim pesan yang isinya emoji semua, tapi teksnya sedikit. Kalau enggak emoji, ya stiker lucu seperti saat chatting di LINE. Di Jepang, hal ini dikenal dengan nama Gyaru-moji, yaitu berkirim pesan dengan emoji. Biasanya ini digunakan untuk mengungkapkan pesan rahasia di balik perasaan pengirimnya.

8. Suka Aksesori Smartphone

Selain ngetik dengan menggunakan emoji, remaja Jepang juga paling suka menghiasi smartphone miliknya dengan beragam aksesori. Bukan cuma menggunakan hardcase atau softcase, aksesori kecil seperti gantungan atau hiasan pun selalu memenuhi smartphone remaja Jepang.

9. Banyak Orang Pakai Smartphone Sambil Jalan

Saking asyiknya membalas pesan atau membahas kerjaan, banyak orang nunduk sambil jalan menggunakan smartphone. Di mana-mana, termasuk Indonesia. Namun di Jepang, fenomena ini lebih banyak ditemui dan dikenal dengan istilah aruki-sumaho. Di Jepang sih enak, jalanannya lenggang.

Sumber: https://jalantikus.com/gokil/kebiasaan-unik-smartphone-orang-jepang/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
6 Trik Cerdas Daur Ulang Produk Kecantikan yang Anda Miliki
Artikel Selanjutnya
7 Desain Barcode Paling Kreatif yang Jarang Kamu Temukan