Sukses

Pizza hingga Es Krim, Ini 5 Makanan yang Tak Dikonsumsi Astronot

Makanan-makanan ini dilarang dibawa dan dikonsumsi para astronot. Kira-kira apa saja ya?

Liputan6.com, Jakarta - Asupan makanan sangat dibutuhkan oleh setiap orang, bahkan astronot sekali pun. Sayangnya makanan di ruang angkasa terkadang tidaklah sama seperti makan selayaknya di Bumi.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk memilih makanan. Tujuan ini untuk menjaga keamanan pesawat luar angkasa karena adanya hambatan gravitasi.

Awalnya makanan untuk para astronot biasa tanpa rasa, tidak ada bau, dan kurang kekentalan. Namun, saat ini makanan untuk mereka cenderung lebih sehat, seimbang dan lezat. Namun ternyata, astronot juga memiliki larangan untuk mengkonsumsi beberapa makanan.

Melansir Reader Digest, Selasa (28/11/2017), berikut ini merupakan sejumlah makanan yang dilarang dimakan di pesawat luar angkasa.

1. Roti

Remah-remah sisa yang dihasilkan dari roti, kue, ataupun keripik dianggap tidak baik untuk dikonsumsi oleh para astronot. Hal ini disebabkan karena mereka bisa melayang dan terbang mengganggu mata astronot. Selain itu, remah-remah roti pernah berujung pada kasus yang berakibat fatal.

Kasus tersebut terjadi pada astronot bernama John Young di tahun 1965. Ia membawa roti isinya di kapal pesawat Gemini III, remah-remah dari roti isinya itu masuk ke bagian panel elektrik dan menyebabkan kebakaran.

Setelah hal itu terjadi, NASA akhirnya melarang roti untuk dikonsumsi para astronot. Mereka bisa mengganti makanan roti dengan tortilla. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Minuman bersoda

Coca-cola pernah dibawa ke pesawat luar angkasa pada tahun 1985 dan menyebabkan masalah bagi astronot. Karena tidak adanya gravitasi, minuman bersoda tidak melalui proses yang sama pada umumnya di Bumi. Astronot yang mengonsumsinya kerap mengalami sendawa basah atau muntah.

3. Es Krim Astronot

Lebih dikenal dengan sebutan dehydrated ice cream. Es krim khusus untuk astronot ini sengaja dibuat kering karena tidak membutuhkan penyimpanan es. Pesawat Apollo 7 merupakan pesawat di tahun 1968 yang terakhir kalinya membawa es krim kering. Mereka tidak melanjutkan mengonsumsi ini karena es krim berubah menjadi remah-remah seperti gulali yang keras untuk dimakan.

 

3 dari 3 halaman

4. Pizza

Sebenarnya tidak ada alasan yang jelas mengapa pizza dilarang dibawa ke pesawat luar angkasa. Para astronot juga jarang meminta pizza dalam daftar makanan mereka. Namun menurut Vicki Kloeris, pizza di luar angkasa biasanya menjadi lebih lembab dan alot untuk dimakan. Sehingga memakannya tidak sesuai dengan ekspetasi makan pizza seperti biasanya.

5. Alkohol

Pada tahun 1972, alkohol pernah menjadi salah satu daftar menu yang dibutuhkan dalam misi Skylab 4 untuk di luar angkasa. Ketika publik mengetahui hal ini, banyak orang mengirimkan surat komplain dan rasa marah mereka kepada pihak NASA.

Selain itu, mengemudikan pesawat luar angkasa membutuhkan konsentrasi yang kuat, karena jika salah tindakan hal tersebut bisa berakibat fatal dan mengancam nyawa. Kemudian alkohol dan senyawa menguap lainnya bisa berdampak pada sistem air pada stasiun pesawat angkasa.

Tidak hanya minuman alkohol saja, hal-hal yang mengandung alkohol lainnya seperti parfum sampai dengan pembersih mulut juga dilarang. Minuman bir yang tumpah bisa juga berisiko merusak peralatan pada pesawat.

(Ai/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.