Sukses

Terungkap, Ini Lo Penyebab Kenapa Kamu Mabuk Perjalanan

Untuk sebagian orang, perjalanan jauh akan sangat menyiksa karena harus mengalami mabuk perjalanan. Nah, apa penyebabnya ya?

Liputan6.com, Jakarta - Mendekati akhir tahun, pasti banyak yang sudah membuat rencana untuk liburan. Apalagi sekarang sudah mulai banyak bermunculan promo tiket pesawat dari berbagai maskapai.

Nah, berbicara soal liburan, pasti akan berhubungan dengan yang namanya perjalanan. Beberapa dari kita termasuk beruntung jika tidak pernah bermasalah dengan perjalanan jauh baik di darat, laut, maupun di udara.

Namun, untuk sebagian orang, perjalanan jauh akan sangat menyiksa karena harus mengalami motion sickness atau mabuk perjalanan.

Apa sebenarnya motion sickness itu?

Jika diterjemahkan secara langsung dari bahasa Inggris, motion sickness adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh pergerakan. Memang, motion sickness atau mabuk perjalanan ini akan muncul ketika seseorang berada di sebuah kendaraan tertutup yang melaju dengan kencang.

Tanda-tanda awal seseorang mengalami hal ini adalah merasa pusing, mual, bahkan hingga muntah. Jika kamu pernah mengalami mabuk perjalanan artinya ada gangguan di bagian dalam telinga yang mengatur keseimbangan tubuh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagaimana motion sickness bisa terjadi?

Jadi, manusia bisa merasakan sebuah pergerakan melalui tiga sistem saraf.

Pertama, gerakan tersebut akan dikirim dalam bentuk sinyal ke bagian telinga dalam. Kedua, sinyal dikirimkan melalui mata atau penglihatan. Ketiga, melalui proprioceptors atau jaringan dalam tubuh manusia. Nah, saat dalam perjalanan, terkadang otak tidak bisa mengkoordinir jalannya tiga sistem saraf tadi.

Mudahnya begini, saat dalam kendaraan yang sedang bergerak, misalnya mobil, mata kita menangkap pergerakan itu. Apalagi kalau ada suara pergerakan saat itu juga. Lalu apa yang ditangkap mata dan telinga dikirimkan ke otak sehingga otak kita berpikir bahwa kita sedang bergerak. Namun, tubuh kita sebenarnya dalam keadaan diam.

Ketidakseimbangan itulah yang kadang menimbulkan konflik dalam tubuh hingga menimbulkan motion sickness.

Selengkapnya, baca langsung di: http://blog.reservasi.com/mengenal-motion-sickness-dan-cara-menghindarinya/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.