Sukses

Warga Temukan Monster Misterius di Danau Ini, Ternyata...

Banyak orang percaya bahwa Danau Van yang terbesar di Turki itu menyimpan montser misterius di dalamnya. Ternyata setelah diselidiki...

Liputan6.com, Turki - Penemuan unik dari bawah air memang selalu membuat kita tertarik. Apalagi banyak orang kerap percaya dengan adanya peradaban yang hilang di bawah laut atau danau. 

Rasa penasaran akan sebuah penampakan di perairan, membuat seorang peneliti mencari tahu lebih dalam tentang rumor aneh pada sebuah danau di Turki. Dari rasa penasaran tersebut ia menemukan sebuah benteng dan kastil yang tenggelam.

Tashin Ceylan dari Univesitas Van Yuzuncu Yil akhirnya memutuskan untuk melakukan penyelaman di Danau Van. Hal tersebut dilakukan setelah dia mendapat laporan adanya mahluk lagendaris yang biasa disebut "Monster Danau Van" oleh penduduk setempat.

Namun, bukannya monster yang ia dapati, Ceylan justru menemukan kastil yang diperkirakan menghilang selama tiga ribu tahun.

"Adanya rumor mengenai sesuatu di bawah air danau tapi para arkeolog dan petugas museum menyebutkan bahwa kita tidak akan menemukan apapun di sana," ujar Ceylan, melansir Shared, Rabu (29/11/2017).

Kastil itu tidak langsung ia temukan secara tiba-tiba. Ceylan dan timnya butuh hampir satu dekade untuk menemukannya. Hasil kesabaran mereka berbuah manis dan terbayar. Akhirnya rumor tentang monster danau terbantahkan dengan penemuan tim Ceylan.

Para peneliti pun dibuat terbelalak dengan penemuan ini. Mereka menemukan struktur bangunan yang luas dan terdiri dari ratusan meter. Timbunan puing batu-batu yang melingkupi kastil memiliki tinggi 10 sampai dengan 13 kaki.

Kondisi pada air danau juga sempurna untuk mengawetkan bangunan kastil. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan akali pada air yang dapat menjaga kondisi bangunan. Selain itu, kastil ini dipercaya sebagai bagian dari peradaban masyarakat Urartu, yang bekembang di Zaman Besi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peradaban tak hanya sekadar mitos

Selain kastil dan benteng, tim Ceylan juga menemukan 1,5 mil persegi batuan. Para peneliti yang menemukan batu sebagai sebuah cerobong asap. Ceylan dan timnya juga sempat menemukan banyaknya jumlah batu nisan di kawasan peradaban Urartu. Batu nisan tersebut diperkirakan mencapai 1000 tahun.

Dengan penemuan kastil ini memberikan kemajuan untuk dijadikan penelitian bagi para arkeolog dan sejarawan.

Sebelumnya, orang-orang menganggap kerajaan Urartu yang sempat hilang hanya sebagai lagenda semata. Namun, penemuan kastil di bawah danau ini membuktikan, adanya eksistensi dari peradaban Urartu yang tidak hanya berupa mitos belaka.

(Ai/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.