Sukses

Keberpihakan pada Industri Bangsa Perlu Dilakukan Masyarakat

Untuk menumbuhkan industri bangsa Indonesia, maka harus ada rasa keberpihakan dari masyarakatnya.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai negara yang kaya dengan hasil alamnya, sudah seharusnya Indonesia semakin gencar untuk tingkatkan sektor industrinya. Hal ini bertujuan sebagai upaya agar bangsa kita menjadi yang lebih kuat di sektor industri, setelah lama dikuasai bangsa asing.

Faktor untuk keberhasilan industri bangsa kita tidak hanya didorong dari upaya pemerintah dan para entrepreneur atau technopreneur saja, melainkan terlibatnya masyarakat untuk mencintai industri dari masyarakatnya sendiri.

Masyarakat kita yang kerap dijadikan pangsa pasar bagi negara asing, kerap juga menonjolkan pemikiran yang lebih condong untuk percaya merek asing dibandingkan merek lokal.

Padahal cara menangguhkan hasil industri dan produk bangsa kita agar bersaing dengan industri negara maju, perlu adanya keberpihakan dari masyarakat dan pemerintahnya sendiri.

"Negara industri seperti Jepang dan Korea punya basis keberpihakan dari masyarakatnya untuk menggunakan produknya sendiri. Itulah yang membuat industri mereka berkembang karena mempunyai dukungan dari masyarakat," ujar Achmad Rizal, selaku Direktur Program Reindustrialisasi Ikatan Alumni ITB, dalam Acara Media Gathering Indonesianisme Summit 2017 di Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Ia juga menjelaskan bahwa jika rasa sederhana itu tidak muncul di masyarakat maka akan sulit bagi industri bersifat kelokalan agar semakin tumbuh. Oleh karena itu, perlu ditumbuhkan kesadaran dalam masyarakat.

"Perlu ada kesadaran berupa konsisten dan rasa kepepet untuk mengembangkan rasa keberpihakan kepada industri kita," ucap Elvi Malano, Ketua Panitia Pelaksana Indonesianisme Summit 2017.

Bagaimana caranya agar kita bisa mempertimbangkan produksi barang atau merek asal indonesia?

Pencerahan yang bisa dilakukan yakni mempertimbangkan dimana dibuatnya, apakah melibatkan tenaga kerja indonesia. Selain itu, kita juga bisa mendukung industri bangsa kita dengan melihat komposisi komponen lokal pada barang tersebut.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini