Sukses

NASA Ciptakan Ban Anti-Meletus untuk Jelajah Mars

Liputan6.com, Jakarta - NASA baru-baru ini menciptakan sebuah ban yang tidak bisa bocor ataupun meletus.

Tim penelti NASA Glenn Research Center memperkenalkan jenis ban terbaru yang bisa berubah kembali menjadi bentuk asal mereka saat menghadapi masalah apa pun. Ban yang mereka ciptakan bahkan tak terbuat dari karet ataupun diisi dengan udara.

Mereka membuat ban tersebut dari campuran nikel dan titanium, atau bisa disebut nitinol sehingga ban menjadi superelastis.

"Material ini punya karakteristik unik yang bisa menata anotminya kembali untuk mengakomodasi perubahan partikel benda," kata Santo Padula, tim ilmuan NASA Glenn Research Center, melansir Playground+, Jumat (1/12/2017).

Kemampuan lainnya dari ban ini yaitu bisa menahan beban benda yang lebih berat daripada ban-ban konvensional, serta bisa digunakan dalam kecepatan yang tinggi.

 

1 dari 2 halaman

Untuk misi ke Mars

NASA menciptakan ban tersebut untuk digunakan pada misi ke planet Mars. Diciptakannya ban itu diharapkan dapat membantu tim NASA saat mengeksplorasi planet merah. Maka NASA harus mempertimbangkan dengan baik segala persiapan mereka, mulai dari teknologi kendaraan termasuk ban agar mereka bisa bekerja dengan baik.

Semua mesin teknologi dan kendaraan harus saling mendukung agar tak ada kendala seperti ban meletus saat di medan planet. Itulah sebabnya mengapa mereka membuat inovasi ban yang menarik.

NASA bahkan telah melakukan uji coba pada kendaraan off-road dan mereka merasa puas dengan hasil kerja ban tersebut. Meskipun terdengar baik, produksi untuk membuat ban ini terbilang tinggi. Meskipun begitu, peneliti NASA berharap bahwa ban tersebut nantinya akan dipasarkan untuk menggantikan ban konvensional di Bumi.

 

(Ai/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Robot Baru NASA Siap Selami Perut Mars pada 2018
Artikel Selanjutnya
Di Sini Lokasi Kuburan Satelit Uzur dan Tak Layak Digunakan