Sukses

Ini Smartphone yang Dipakai Jokowi dan 6 Pemimpin Dunia Lainnya

Liputan6.com, Jakarta - Pada zaman sekarang ini, smartphone sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat di dunia. Bukan hanya untuk telepon atau pesan singkat, ponsel sudah menjelma menjadi wadah kegiatan manusia sehari-hari, mulai dari komunikasi, main gim, sampai bekerja pun menggunakan smartphone.

Sama seperti manusia pada umumnya, seorang kepala negara di dunia saat ini juga sudah mulai menggunakan smartphone untuk menopang kinerjanya untuk negara.

Berikut smartphone yang digunakan sembilan kepala negara dari penjuru dunia, mulai dari Presiden Jokowi hingga Donald Trump.

1. Indonesia

Presiden Indoneisa Joko Widodo atau yang biasa dipanggil Jokowi ternyata pernah memakai smartphone yang terkenal dengan keamanannya, BlackBerry. Beliau juga pernah terlihat memakai smartphone keluaran brand asal Amerika Serikat, iPhone. Dan belum lama ini, Jokowi terlihat memakai smartphone bermerek Himax, tepatnya Himax Pure 3.

 

2. Amerika Serikat

Presiden Amerika Serikat Donald Trump memang terkenal dengan penjagaannya yang sangat ketat. Bahkan, presiden Negeri Paman Sam ini harus menggunakan smartphone yang telah dimodifikasi secara khusus agar keamanannya tetap terjaga.

Namun, tidak untuk Presiden Amerika Serikat ke-45, Donald Trump yang dikabarkan masih menggunakan smartphone lamanya yang jauh dari kata aman. Padahal, sebelumnya Donald Trump sendiri sudah diberikan smartphone dengan keamanan yang ketat oleh pemerintahan Amerika, yaitu smartphone dari BlackBerry atau Apple.

 

 

1 dari 3 halaman

3. Prancis

Beberapa bulan lalu, Presiden Prancis Emmanuel Macron merilis foto di dalam kantornya ketika dia baru saja terpilih sebagai presiden melalui akun Twitter pribadinya. Di dalam foto itu terlihat meja kerjanya yang berisi buku, jam meja, dan dua buah smartphone.

Tidak lama setelah Emmanuel Macron merilis foto tersebut, juru bicara Sibeth Ndiaye me-retweet foto tersebut dengan diselipkan video yang isinya ketika presiden sedang menyusun smartphone-nya. Berdasarkan video tersebut, bisa disimpulkan kalau smartphone yang dipakai Macron adalah iPhone dengan home button khas yang ada di smartphone-nya.

4. Rusia

Presiden Rusia Vladimir Putin yang terkenal keren ternyata pernah bilang kalau dia tidak menggunakan ponsel lho. Dia juga pernah menyebutkan kalau dia mempunyai banyak ponsel, tapi tidak pernah memakainya karena dia tidak punya banyak waktu untuk menggunakannya.

Putin juga menyebutkan kalau dia mempunyai metode lain untuk saling berkomunikasi. Dia juga mengaku selalu menghindari internet dan meminta informasi terkini dari badan intelejen negaranya. Wah, apa rasanya pada zaman sekarang tanpa smartphone dan internet?

5. Tiongkok

Dengan label "negara dengan vendor smartphone terbanyak" ternyata tidak membuat Presiden Tiongkok jatuh cinta dengan produk dalam negerinya sendiri. Presiden dengan nama Xi Jinping ini tidak pernah terlihat menggunakan smartphone buatan dalam negaranya sendiri.

Namun, dalam kunjungan kenegaraannya, dia sempat diberikan beberapa smartphone, seperti smartphone asal Rusia, YotaPhone 2, oleh presiden negara Beruang Merah, Vladimir Putin. Presiden Tiongkok ini juga pernah terlihat menggunakan smartphone iPhone 5 keluaran Apple.

2 dari 3 halaman

6. Jepang

Walaupun negara Jepang punya beberapa vendor smartphone papan atas, seperti Sony, Fujitsu, Sharp, dan lainnya, tapi tidak membuat sang Perdana Menteri Shinzo Abe memakai salah satu smartphone buatan dalam negerinya. Dia justru beberapa kali terlihat menggunakan smartphone asal negara Korea Selatan, Samsung, dengan model SM-G9098, smartphone flip dengan dua layar.

7. Pakistan

Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif memang sering terlihat menggunakan smartphone keluaran Samsung dan Apple. Namun ternyata, kedua smartphone itu tidak digunakan secara reguler oleh dia, melainkan sekadar sebagai alat untuk urusan negara dan selalu disimpan oleh ajudannya.

Ponsel yang selalu digunakan oleh Nawaz Sharif adalah tidak lebih dari sebuah BlackBerry Bold yang digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga dan sahabatnya.

Selengkapnya bisa kamu baca di: https://jalantikus.com/gokil/smartphone-petinggi-negara-di-dunia/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Putin: Negara yang Unggul di Kecerdasan Buatan Akan Kuasai Dunia
Artikel Selanjutnya
Joe Taslim Punya Pasangan Baru untuk Temani Aktivitasnya