Sukses

Waspada, Ini 6 Posisi Salah Saat Menggunakan Gawai

Liputan6.com, Jakarta - Bermain gawai sambil tiduran setelah capek kerja seharian adalah hal yang paling menyenangkan. Atau tak jarang nonton film atau main gim sambil tiduran pun bisa menjadi pilihan di saat teman-teman yang diajak chatting masih sibuk dengan kegiatannya masing-masing. 

Masing-masing dari kita punya posisi yang berbeda-beda selama menggunakan gawai. Setelah lelah duduk seharian di kantor, wajar jika kamu mencari posisi terbaik yang nyaman untuk mengoperasikan smartphone, tablet atau laptop kamu. Biasanya bisa sambil tiduran, duduk membungkuk, atau bahkan selonjoran di kursi dengan posisi gadget di bawah.

Tanpa disadari, ternyata posisi atau cara menggunakan gawai tersebut salah dan berbahaya lo. Seperti dikutip dari Wiityfeed, berikut beberapa cara menggunakan gawai yang salah.

1. Memangku Laptop dengan Kaki Menyilang

Nonton di laptop dengan cara memangkunya di kaki memang membuat kamu terlihat santai dan nyaman. Namun, dengan posisi ini, akan memaksa kamu untuk membungkuk dan menunduk.

Jika terlalu lama, akibatnya leher kamu akan terkena gejala tech neck yakni kaku dan sakit di leher serta punggung. Selain itu, akan membuat aliran darah di kaki terganggu, sehingga akan terasa lemas saat berdiri. Jadi, sebaiknya nonton di laptop dengan posisi tegap saat di meja kerja.

 

2. Kepala Menunduk dengan Gawai di Bawah

Karena terlalu lelah menatap layar komputer atau laptop selama di kantor dan kampus, kamu akhirnya mencoba mereduksi cahaya layar gawai dengan menjauhkannya dari mata.

Tujuannya bagus supaya mata tidak kering. Namun, jika menyimpan smartphone terlalu bawah dan membuat kamu menunduk terlalu lama, justru malah berbahaya untuk kesehatan leher kamu. Apalagi jika kamu menggunakan gawai hingga satu jam lebih.

 

1 dari 3 halaman

3. Senderan Main Tablet di Kasur

Sambil menunggu ngantuk, senderan menggunakan bantal di tembok atau tepian kasur memang bikin nyaman. Apalagi kalau sambil membalas chat atau ngecek akun media sosial kamu. Namun, jangan dilakukan keseringan jika enggak mau sakit punggung dan leher.

Jika memang sengaja memainkan gadget untuk menunggu ngantuk, baiknya lakukan dengan posisi tidur menyamping. Namun ingat, jangan tutupi sebelah mata saat main gawai sambil tiduran jika tidak mau terkena gejala kebutaan sementara.

4. Tablet di Bawah, Badan di Atas Kursi atau Kasur

Terlihat nyaman ya? Namun, sadar enggak sih kalo posisi pegang gadget yang salah seperti di gambar ini bisa menyebabkan sakit kepala berkepanjangan? Benar lo, soalnya posisi ini akan memaksa darah mengalir ke kepala lebih cepat. Dan pada saat yang bersamaan, otot leher pun dipaksa menopang berat bobot kepala. Jadi, kurang-kurangin ya buat yang sering mainin gadget dengan posisi ini.

2 dari 3 halaman

5. Tengkurap dengan Mengangkat Kaki

Posisi tegkurap dengan mengangkat kaki ke atas seperti pada gambar di atas, dalam bahasa Sunda disebut lalanggiran (menyerupai kalajengking). Selain dipercaya sebagai mitos pamali karena bisa menyebabkan orang tua meninggal, posisi ini tidak baik jika dilakukan sambil memainkan gawai.

Kenapa posisi memainkan gadget ini berbahaya? Karena tekanan darah menuju jari-jari tangan akan terhambat oleh posisi siku yang tertahan lantai. Lama kelamaan jari kamu akan kehilangan tenaga untuk menggenggam smartphone atau tablet. Jika dilakukan dalam waktu yang lama, bisa memicu kram.

6. Olahraga Sambil Nonton

Buat kamu yang suka olahraga di tempat fitness atau yang di rumahnya ada treadmill, pernah melakukan hal ini? Jika iya, segera hentikan. Alih-alih menengadah demi nonton tayangan yang ditampilkan di monitor, lebih baik pindahkan monitornya ke depan. Selain menghindari sakit leher, hal ini juga akan membantu kamu lebih fokus selama berolahraga dan menghindari cedera.

Selengkapnya bisa kamu baca di: https://jalantikus.com/tips/cara-menggunakan-gadget-yang-salah/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Perlukah Menguras Minyak Rem Mobil?
Artikel Selanjutnya
Mengenal Slipstream di MotoGP