Sukses

Bak Film Coco, Festival Kematian Ini Jadi Tradisi Warga Meksiko

Liputan6.com, Jakarta - Festival kematian di Meksiko atau dikenal dengan Day of the Dead alias Dia de los Muertos memang tengah menjadi perhatian setelah dalam film Coco.

Pada dasarnya, Dia de los Muertos adalah sebuah festival atau perayaan tradisi yang digelar untuk menghormati anggota keluarga yang telah meninggal.

Awalnya tradisi ini berasal dari Meksiko, lalu seiring dengan perkembanngan penyebaran komunitas, festival kematian ini sekarang juga dirayakan di Spanyol, Amerika Serikat, serta beberapa negara Amerika Latin. Bahkan di negara-negara tersebut sampai dijadikan hari libur nasional.

Dia de los Muertos digelar setiap tanggal 1 dan 2 November. Adapula yang mulai merayakan dari tanggal 31 Oktober di malam hari dengan mendatangi makam keluarga dan membawakan bunga serta sesajian lainnya.

Dalam perayaan ini, masyarakat percaya bahwa para arwah akan datang ke dunia di hari tersebut dan mengunjungi para keluarga. Jauh dari citra seram, justru festival kematian ini adalah sebuah ajang yang penuh suka cita dan kegembiraan.

Selama perayaan berlangsung, di rumah-rumah masyarakat biasanya akan ada ofrenda atau meja persembahan yang berisikan bunga, makanan, lilin, dan juga foto keluarga yang sudah meninggal.

 

1 dari 2 halaman

Kemeriahan Festival Kematian

Nah, kemeriahan tidak sampai di situ karena dalam perayaan ini yang juga merupakan hari libur nasional, tentunya akan ada banyak aktivitas di jalan besar dan juga di alun-alun kota.

Masyarakat akan berdandan semeriah mungkin dengan wajah yang dirias menyerupai tengkorak dan mengenakan baju tradisional yang cantik dan penuh warna cerah.

Jadi, kalau kamu kebetulan pergi traveling ke Spanyol, Meksiko, ataupun negara lain yang merayakan Dia de los Muertos di tanggal 1 November, kamu akan beruntung sekali untuk dapat menyaksikan festival penuh warna dan kemeriahan yang dibumbui dengan budaya khas Meksiko yang kental.

Bahkan bukan tidak mungkin kamu mendatangi booth face painting untuk membuat hiasan di wajah dengan dilukis ala tengkorak warna-warni yang banyak tersebar di setiap sudut kota.

Dalam momen ini, pesan moral yang terkandung dalam festival perayaan Dia de los Muertos adalah untuk tetap menghormati para leluhur meski sudah lama telah tiada. Perayaan ini juga menjadi penyambung tradisi keeratan hubungan antar-anggota keluarga dan menjadikan keluarga sebagai prioritas utama.

Selengkapnya bisa kamu baca di: http://blog.reservasi.com/dia-de-los-muertos-festival-kematian-meksiko-seperti-di-film-coco/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: