Sukses

Pengalaman Tak Tergantikan, Menyanyi Bareng Paus Beluga

Liputan6.com, Jakarta Bisa berinteraksi dengan hewan terlebih lagi hewan liar merupakan pengalaman yang menakjubkan bagi kita. Seperti pria ini iseng bersuara seperti seekor paus, membuatnya dihampiri paus beluga dan bernyanyi bersama.

Paus beluga adalah salah satu spesies terkecil dari ikan paus. Warna putih khas mereka dan dahi yang menonjol membuat mereka mudah dikenali. Beluga umumnya hidup bersama dalam kelompok-kelompok kecil. Mereka adalah hewan sosial dan komunikator yang sangat vokal.

Paus beluga akan mengeluarkan suara, yang tersebut kemudian memantul dari benda-benda di sekitarnya dan getarannya ditangkap oleh indera beluga. Sistem ekolokasi ini digunakan juga oleh kelelawar. Karena ekolokasi ini, beluga sering mengeluarkan suara seperti lolongan panjang.

Mamalia laut ini memang dikenal sebagai "burung kenari di laut", hal ini karena suara mereka yang indah. Jika kita pernah menonton film keluaran Disney yang berjudul Finding Dory, kita akan menemukan karakter mamalia laut yang lucu ini.

 

1 dari 2 halaman

Segerombolan Paus Beluga Merespons Sang Penyelam

Baru-baru ini, seorang penyelam mencoba memanggil beluga di tengah laut dengan cara bersuara seperti paus. Video yang diunggah the Dodo memperlihatkan seorang penyelam menggunakan kayak dan mendayungnya hingga ke tengah laut.

Tidak lama berselang, penyelam tersebut mulai bersuara "ooooooo...oooo" seolah menirukan suara beluga. Hal yang ia lakukan merupakan sebuah keisengan dia karena ia sering melihat sekelompok beluga di daerah itu.

Setelah beberapa saat ia merasakan sesuatu menyundul dari arah bawah. Ternyata itu adalah paus beluga. Ia tidak menyangka ternyata usahanya berhasil memanggil sekawanan beluga. Mamalia tersebut tampak mengerumuni dan mendorong kayak yang ia naiki.

Penyelam itu akhirnya memutuskan untuk bergabung lebih dekat dengan gerombolan itu. Dia menyelam dan kembali menyanyi di dalam air. Ternyata seuara penyelam tersebut direspon beluga dan segerombolan beluga tersebut menyanyi balik untuknya.

Beluga-beluga itu membalas nyanyian penyelam dengan suara seperti siulan. Mereka terus berenang mengitari penyelam itu hingga dia kembali ke atas air.

 

Penulis

Reza Sugiharto

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Konser di Jakarta, G-Dragon Curhat soal Rasa Takut dalam Hidupnya
Artikel Selanjutnya
Keren, Aurelie Moeremans Nyanyi Despacito dalam Bahasa Prancis