Sukses

Selain Monster Raksasa, Ini 5 Misteri Laut Dalam yang Tersembunyi

Liputan6.com, Jakarta - Para ilmuwan tampaknya terlalu sibuk menyelidiki luar angkasa hingga melupakan ilmu kelautan. Buktinya, ada begitu banyak fakta yang diketahui manusia tentang luar angkasa termasuk planet-planet lainnya selain bumi. Namun, ilmu tentang kelautan yang diketahui manusia ternyata hanya sekitar 5 persen.

Hal ini tentu sangat disayangkan karena sebenarnya ada banyak fakta yang harus diketahui manusia tentang ilmu kelautan, karena bumi terdiri dari 70 persen air. Tentu ada banyak hal yang tersembunyi di laut paling dalam.

Nah, berikut lima fakta misterius tentang laut dalam yang mengerikan. 

1. Baru 10,9 Kilometer yang Berhasil Dicapai

Laut memiliki kedalaman luar biasa yang mustahil dicapai manusia. Palung Mariana merupakan tempat terdalam di bumi yang pernah dijelajahi manusia.

Kedalaman palung ini mencapai 10,9 kilometer atau setara dengan menumpuk 13 Menara Burj Khalifa yang merupakan menara tertinggi di dunia. Sampai saat ini, belum ada peneliti yang berhasil sampai lebih jauh dari Palung Mariana.

1 dari 3 halaman

2. Suhu yang Dingin Serta Tekanan Tinggi

Mengapa para ilmuwan tidak ada yang sampai lebih jauh lagi dari Palung Mariana untuk meneliti kedalaman laut? Salah satu faktornya adalah suhu yang dingin serta tekanan yang tinggi.

Tim peneliti dari University of Aberdeen, Skotlandia, menyebutkan bahwa tekanan air di Palung Mariana setara dengan impitan 1.600 ekor gajah yang berdiri di atas sebuah mobil kecil dan area tersebut memiliki temperatur hampir 0 derajat Celsius. Hal ini berisiko tinggi bagi keselamatan para peneliti sehingga kemungkinan untuk menjangkau lebih dalam di bawah permukaan laut sangat kecil dan nyaris mustahil.

3. Tidak Memiliki Cahaya

Laut dalam tidak tersentuh cahaya mulai dari kedalaman 200 meter. Ini juga merupakan salah satu faktor mengapa penelitian di laut dalam sulit dilakukan. Keadaan yang gelap tanpa sedikit pun cahaya membuat keadaan di laut dalam semakin mencekam dan mengerikan.

2 dari 3 halaman

4. Banyak Binatang-Binatang Buas

Meski laut dalam memiliki suhu dingin, tekanan tinggi, serta tanpa cahaya sedikit pun, bukan berarti tidak ada kehidupan di tempat tersebut. Menurut penelitian, ada banyak binatang buas dan mengerikan yang hidup di laut dalam.

Hewan-hewan tersebut hidup dengan mengandalkan cahaya dari tubuh mereka sendiri. Berbagai binatang aneh dan mengerikan disebut-sebut sebagai penghuni laut dalam. Salah satunya adalah Megalodon, hiu putih raksasa yang kabarnya masih hidup di laut dalam hingga saat ini.

5. Berlimpahnya Artefak Bersejarah

Para peneliti mengatakan laut menyimpan banyak rahasia tentang sejarah manusia dan asal-usul planet. Tidak mengherankan jika ada banyak artefak yang berlimpah di dasar laut.

National Geographic mengklaim bahwa jumlah benda-benda bersejarah dari seluruh museum di dunia masih kalah banyak jika dibandingkan dengan artefak di dasar laut. Belum lagi ada begitu banyak kapal karam yang sampai sekarang belum ditemukan bangkainya. Diperkirakan kapal-kapal karam tersebut tergelatak di dasar laut bersama semua barang-barang yang ada di dalamnya.

Kamu bisa baca selengkapnya di: https://jalantikus.com/gokil/misteri-laut-dalam-yang-perlu-kamu-ketahui/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Seperti Otak Manusia, Makhluk Misterius Ini Bikin Heboh Ilmuwan
Artikel Selanjutnya
7 Hal Paling Aneh di Dunia Ada dalam Buku Misterius Ini