Sukses

Pura Jagatkarta, Eksotisme Suasana Bali di Jawa Barat

Liputan6.com, Jakarta Bogor masih menjadi primadona untuk berwisata di akhir pekan. Selain jarak yang tidak terlalu jauh, juga lebih menghemat anggaran saat liburan. Biasanya, daerah Puncak, Cisarua menjadi primadona wisatawan untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Tahukah anda, bahwa Bogor masih menyimpan tempat eksotis untuk liburan?

Tidak banyak yang tahu bahwa Bogor dan Gunung Salak menyimpan tempat wisata sekaligus tempat ibadah umat Hindu. Pura Parahyangan Agung Jagatkarta "Alam Dewata Suci Sempurna" adalah pura agama Hindu yang terletak di Bogor, Jawa Barat. Pura ini merupkan pura terbesar di Jawa Barat dan terbesar kedua di Indonesia setelah Pura Besakih di Bali.

Saat di Pura Jagatkarta kita serasa berada di Bali. Bukan tanpa alasan, suasana pura yang asri dan dikelilingi gapura bernuansa Hindu menambah kesan eksotisme Pulau Dewata. Pura Jagatkarta dipercaya sebagai tempat persemayaman Prabu Siliwangi dan Hyang (leluhur) dari Pakuan Pajajaran, yang pernah menguasai wilayah tanah Pasundan.

Pada saat memasuki area pura, kita disambut oleh dua patung harimau yang melambangkan pasukan Prabu Siliwangi. Kesan Bali semakin terasa saat menginjakkan kaki di bagian tengah pura. Alunan musik gamelan khas budaya Hindu ditambah banyaknya pohon bunga kamboja mengisyaratkan kita akan kearifan lokal khas Bali.

Uniknya, toleransi terasa sangat kental. Meski masyarakat sekitar mayoritas beragama Islam, tapi mereka saling bergotong royong pada saat penyelenggaraan hari besar keagamaan masing-masing. Pura Jagatkarta dibuka setiap hari mulai pukul 11 siang hingga pukul 3 sore, kecuali pada saat hari besar keagamaan, pura ditutup untuk umum.

Tidak ada biaya khusus dari pihak pengelola. Cukup dengan membayar seikhlasnya, pengunjung bisa menikmati keindahan serta ketenangan di Pura Jagatkarta ini.

 

Penulis:

Latif Munawar

Universitas Moestopo Beragama

 

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Menikmati Pagi Bersama Deburan Ombak Pantai Batu Mejan Bali
Artikel Selanjutnya
Sambut Pagi dengan Bersih-Bersih Pantai di Bali