Sukses

Bubur Gudeg Khas Solo Ini Bikin Jokowi Ketagihan, Seperti Apa?

Liputan6.com, Jakarta - Bubur gudeg memang sudah tak asing lagi di Jogjakarta maupun Solo. Gurihnya kuah santan kental berpadu dengan lezatnya bubur, dan gudeg ditambah dengan pedasnya sambal goreng krecek dengan beragam pilihan topping membuat bubur gudeg jadi idola pecinta kuliner.

Untuk kamu yang ingin mencoba bubur gudeg yang enak di Solo atau pun Jogjakarta, berikut rekomendasinya.

Bubur Gudeg di Solo

Saat berada di Solo, kamu bisa mencoba salah satu warung gudeg yang sudah terkenal, yakni Gudeg Mbak Yus. Racikan gudeg Mbak Yus ini sudah ada sejak 1992. Jadi tak perlu diragukan kenikmatan bubur gudeg yang ada di sini.

Gudeg Mbak Yus ini memang sudah terkenal di Solo sejak 25 tahun lalu, tapi semakin terkenal setelah jadi suguhan pertemuan putra Jokowi, Gibran dengan Agus Harimurti Yudhoyono di istana pada Agustus 2017. Terungkap pula bahwa keluarga Jokowi memang menyukai racikan nasi dan bubur gudeg di warung Mbak Yus ini sejak dari dulu.

Menurut Yustina, sang penjual gudeg Mbak Yus seperti dilansir dari berbagai sumber, keluarga Jokowi memang sudah menjadi langganannya sejak lama. Bahkan sebelum Jokowi menjadi Wali Kota Solo.

Menu favorit Presiden Indonesia Jokowi adalah bubur gudeg komplet dengan lauk opor ayam bagian paha atas yang dijual dengan harga Rp 37.000. Tampilan bubur gudeg di sini tak ubahnya nasi gudeg. Hanya saja nasi diganti dengan bubur yang teksturnya kental mirip bubur sumsum. Dalam pembuatannya juga dicampur dengan santan sehingga rasanya gurih.

Satu porsi bubur gudeg berisi bubur beras dan ketan susu, serta berbagai pilihan topping gudeg yang beragam seperti telur, uritan, ayam, ati ampela, serta ceker ayam pedas atau manis.

 

1 dari 2 halaman

Bubur Gudeg di Jogja

Bagi kamu yang sedang liburan ke Jogja dan ingin sarapan bubur gudeg enak dan murah, kamu bisa mampir ke gudeg Mbah Sudinah.

Mbah Sudinah yang telah berusia sekitar 60 tahun ini setiap harinya berjualan gudeg dengan menempati sebuah lapak sederhana. Meskipun tempat jualannya sangat sederhana, tapi soal rasa, gudeg Mbah Sudinah tak akan mengecewakan kamu.

Satu porsi bubur gudeg Mbah Sudinah berisikan bubur beras, gudeg, sambal goreng krecek, areh, tahu dan lauk. Untuk lauknya sendiri ada beberapa pilihan, seperti ayam, ayam suir hingga telur.

Ayam yang digunakan pada gudeg Mbah Sudinah adalah ayam kampung yang memiliki rasa gurih. Meskipun menggunakan ayam kampung, tapi dagingnya sangat empuk.

Kamu bisa baca selengkapnya di: http://blog.reservasi.com/lokasi-bubur-gudeg-enak-di-solo-dan-yogyakarta/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
15 Makanan Khas Cirebon Ini Bertahan dari Gempuran Junk Food
Artikel Selanjutnya
Menggoyang Lidah, Nikmatnya Soto Klethuk Khas Blora Patut Dicoba