Sukses

Catatan Berusia 300 Tahun Ditemukan dalam Patung Yesus, Isinya?

Liputan6.com, Jakarta - Dalam usaha restorasi patung Yesus abad ke-18 di Spanyol, petugas telah menemukan sebuah catatan dengan tulisan tangan yang tersembunyi di dalam badan patung. Catatan tersebut diduga berasal dari tahun 1777 dan dimasukkan oleh seorang imam.

Catatan di dalam patung Yesus itu berisi informasi penting dan merinci tentang hiburan populer, situasi ekonomi, masalah politik dan agama, orang-orang terkenal, serta topik lainnya. Dokumen itu ditandatangani oleh Joaquin Minguez, imam Katedral Burgo de Osma pada saat itu.

Usaha restorasi itu sendiri dilakukan oleh para pekerja dari perusahaan restorasi Da Vinci Restauro. Saat ini, patung kayu tersebut disimpan di Gereja Santa Agueda di Desa Sotillo de la Ribera di Provinsi Burgos, Spanyol utara.

Dokumen tersebut ditemukan saat petugas melepas sehelai kain yang digunakan untuk menutupi bagian belakang patung Yesus. Siapa sangka, di sana ternyata terdapat celah kecil tempat dokumen itu ditemukan.

 

1 dari 2 halaman

Catatan itu jadi kapsul waktu paling tua yang pernah ditemukan

Dokumen itu ditulis hati-hati di kedua sisi halaman. Sejarawan lokal Efren Arroyo merasa sangat bahagia dengan penemuan tersebut.

"Ini sungguh menakjubkan dan unik karena menemukan dokumen tulisan tangan tersembunyi dalam patung semacam itu," ujar dia, seperti dilansir dari Inside Readers.

Menurut para ahli, semua referensi yang ditulis Joaquin di situ menjadikannya kapsul waktu paling tua yang pernah ditemukan. Data yang ditulis oleh sang imam meliputi informasi lokal mulai dari urusan pertanian, urusan masyarakat, penyakit umum, permainan anak-anak yang populer, dan bahkan nama-nama matador terkenal pada masanya.

(Sul/Ul)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
7 Patung Paling Nyeleneh yang Pernah Diciptakan Seniman Dunia
Artikel Selanjutnya
7 Hal Paling Aneh di Dunia Ada dalam Buku Misterius Ini