Sukses

Andri Tri, Perlahan Capai Mimpi Lewat Jurnalistik

Liputan6.com, Balikpapan Mahasiswa berusia 20 tahun bernama Andri Tri Setiantyo merasa memiliki minat pada bidang musik, fotografi, dan videografi. Andri mulai mengenal musik saat ia duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama. Berawal dari dirinya yang belum bisa memainkan alat musik apapun, Andri akhirnya memberanikan diri untuk mendaftar ekstrakurikuler musik di sekolahnya, dan mencoba untuk mendalami bidang musik yang ia minati tersebut.

Tak hanya sampai di bidang musik, Andri yang merupakan adik dari seorang pengusaha jual-beli kamera, mencoba peruntungan dalam bidang fotografi. Ia mendalami pelajaran fotografi dan videografi dengan mencoba mendekatkan diri dan mengenal kamera lebih dalam.

Berangkat dari sana, Andri mulai mencari cara bagaimana agar hasil karyanya dapat dilihat dan dinikmati banyak orang. Ia kemudian menemukan sebuah program dari salah satu TV swasta nasional yang menayangkan video kiriman dari masyarakat, yang dikenal sebagai citizen journalist. Tertarik dengan itu, Andri akhirnya memutuskan untuk mencoba berkarya dalam kesempatan tersebut. Dengan mengambil tema public affairs, Andri meliput sebuah taman di dekat rumahnya.

Sekitar tiga bulan setelah Andri mengirim hasil karyanya tersebut, ia mendapat kabar melalui email bahwa hasil karyanya tersebut sudah tayang di TV. Rasa senang tentu dirasakan Andri karena karya yang ia pikir masih banyak kekurangan tersebut bisa tampil di sebuah stasiun TV nasional. Hal ini pun membuat dirinya semakin semangat dan termotivasi dalam melakukan kegiatan pada bidang jurnalistik.

Beberapa waktu setelahnya, Andri mendapat info tentang adanya program Citizen Journalist Academy (CJA) yang diadakan oleh Liputan6.com, Indosiar, dan Pertamina. Tanpa pikir panjang, Andri langung mendaftarkan diri pada program tersebut. Harapan Andri untuk lolos tahap seleksi menjadi finalis pun kemudian terkabul. Rasa bangga dan senang kembali dirasakan oleh dirinya.

Mendalami dunia jurnalistik akhirnya kembali digeluti oleh Andri dengan mengikuti serangkaian pelatihan dari para coach yang sudah profesional pada bidangnya. Ia pun berharap bahwa setelah mengikuti program CJA ini ia bisa membawa bekal untuk dirinya di masa depan nanti.

 

Penulis:

Andri Tri Setiantyo - STIKOM Balikpapan

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Balikpapan

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Prestige Partner, Pertamina Dukung Penuh Proliga 2018
Artikel Selanjutnya
Asian Games: Generasi Muda Indonesia Bisa Mendunia