Sukses

Bertekad Membuat Bangga Ibunda Tercinta

Liputan6.com, Balikpapan Mahasiswa Bidikmisi di Institut Teknologi Kalimantan ini, akhirnya berhasil lolos menjadi finalis Citizen Journalist Academy. Dean Nugraha atau yang kerap disapa Dean ini merupakan satu dari segelintir warga miskin di kota balikpapan yang mampu mengenyam pendidikan hingga bangku kuliah melalui beasiswa Bidikmisi.

Anak ke-4 dari 4 bersaudara ini berasal dari keluarga yang broken home dan juga kurang mampu. Tinggal dengan keadaan yang serba kekurangan membuat Dean selalu berusaha keras untuk bisa mengubah nasib keluarganya yang tinggal di sebuah rumah gubuk dengan ditemani oleh seorang ibu yang tidak lagi sanggup bekerja, paman sebagai pemulung kardus dan nenek yang sudah tidak bisa berbuat apa-apa.

Kini ia berhasil menorehkan prestasi yang dapat dibanggakan dengan menjadi finalis Citizen Journalist Academy. Berawal dari ingin mencoba menguji sejauh mana bakalnya dibidang menulis, kini Dean bertekad untuk dapat menjadi yang terbaik demi membanggakan ibunda tercinta. Yan, sapaan akrab bagi teman kampus yang biasa memanggilnya, selalu memberikan dorongan kepada Dean untuk selalu berusaha tanpa mempedulikan status sosialnya. Baginya hambatan yang sebenarnya bukanlah tentang berasal dari keluarga mana, tapi bermalas-malasan lah yang dapat menjadi faktor penghambat. 

Dengan kegigihan dan tekad yang kuat akhirnya Dean berhasil menjadi 1 dari 30 finalis yang beruntung masuk Citizen Journalist Academy. Hasil memang tidak akan membohongi usaha, setelah melalui beberapa test seleksi mulai dari seleksi CV (Curriculum Vitae) hingga interview langsung oleh para coach handal, walaupun ia sempat berpikir tidak akan lolos tetapi Tuhan berkata lain dan memberikan kesempatan untuk Dean menjadi finalis.

Pasti banyak masyarakat berpikir bahwa orang miskin tidak dapat menyekolahkan anaknya hingga bangku kuliah. Tetapi argumen itu terbantahkan dengan seorang mahasiswa dari Insitut Teknologi Kalimantan yang dapat mengenyam pendidikan hingga bangku kuliah walaupun dengan keterbatasan yang ada.

 

Penulis :

Dean Nugraha - Institut Teknologi Kalimantan

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Balikpapan 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Artikel Selanjutnya
Produksi Migas Pertamina Meningkat dari Luar Negeri
Artikel Selanjutnya
Prestige Partner, Pertamina Dukung Penuh Proliga 2018