Sukses

Meraih Masa Depan dengan Mengikuti CJA Balikpapan

Liputan6.com, Balikpapan Negara yang kaya adalah Indonesia. Tak cuma kaya akan sumber daya alamnya, tapi juga sumber daya manusianya. Dari Sabang hingga Merauke tersimpan bibit unggul. Citizen Journalist Academy (CJA) hadir di 3 kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Semarang dan Balikpapan. Mencari 90 mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat dalam bidang menulis, videografi, presenting dan public speaking. Sebuah ajang kompetisi sekaligus pelatihan soft skill bagi 30 peserta yang lolos dari masing-masing kota.

Workshop CJA yang dilaksanakan di Balikpapan diselenggarakan dengan luar biasa. Ribuan peserta yang hadir tak hanya dari Balikpapan. Sebagian peserta datang dari kota Samarinda serta beberapa Kabupaten/Kota lain di sekitarnya. Di tengah-tengah ribuan mahasiswa, hadir pula sosok Walikota Balikpapan Rizal Effendi yang menyampaikan pesan kepada pemuda untuk tidak menyebarkan hoaks dan memilah-milah berita yang lebih informatif.Para coach yang telah lama berkecimpung dalam dunia jurnalistik yaitu Jemmy Darusman, Utrich Farzah, Zulfikar Naghi, dan Ryan Wiedaryanto pun turut hadir.

Mereka membagikan ilmu menjadi seoarang presenter televisi, hingga bagaimana cara mengolah suara agar jelas dan enak didengar. Selain itu mereka juga menjelaskan pengalaman mereka ketika sedang liputan dan kendala yang kadang mereka harus hadapi. Nantinya mereka juga akan melatih 30 peserta CJA di kota Balikpapan.

Selain para coach yang kece, hadir pula owner Kitabisa.com. Ia menceritakan bahwa alasan mendirikan Kitabisa.com untuk membantu menyalurkan atau membantu para donator untuk dapat mendonasikan hartanya kepada yang berhak. Sebuah misi yang sangat mulia.Pengumuman 60 besar finalis CJA pun kemudian juga diumumkan pada hari itu. Wajah sumringah dan senyum senang pun tergambar di setiap peserta CJA. Sungguh luar biasa, dari ribuan pendaftar hadir lah 60 orang yang terpilih dan lolos untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya.

Para finalis 60 besar pun mengikuti tes interview. Dengan membawa harapan dan semangat yang tinggi, mereka datang menunjukkan kemampuan mereka dalam hal menulis, videografi, presenting dan public speaking. Satu persatu datang memakai nomor urut peserta yang telah dipersiapkan oleh panitia.  Saat pengumuman tiba, terpilih lah 30 finalis CJA Balikpapan. Senyum sumringah pun tergambar di wajah mereka, walau sayang taksemua bisa merasakanya.

Hari terakhir para panitia mempersiapkan sebuah mini workshop untuk para 30 finalis CJA Balikpapan. Disana mereka diberikan pelatihan dengan proses belajar yang lebih intensif. Walaupun saat itu cuaca hujan, mereka tetap semangat menerima ilmu dari para coach yang telah hadir. Finalis CJA pun berharap program seperti ini akan terus hadir setiap tahun, agar potensi Indonesia yang terkubur bermunculan dan melahirkan jurnalis yang profesional di bidangnya.

Penulis:

Luhur Budi - Universitas Mulawarman

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Balikpapan 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

Artikel Selanjutnya
Mantan Pembalap Malaysia Sabet Gelar GFNY Asia Championship
Artikel Selanjutnya
Formula 2: Sean Berharap Bisa Tampil Konsisten