Sukses

Karena Penyakit Langka, Remaja Ini Berhenti Bernapas Saat Tidur

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada orang yang menginginkan penyakit ada di tubuhnya. Namun sayangnya tidak semua orang memiliki tubuh yang sehat, bahkan tidak sedikit juga orang yang mendapatkan penyakit sejak ia dilahirkan. 

Dia akan berhenti bernapas jika tertidur.

Liam Derbyshire (18) lahir dengan penyakit bawaan yang sangat langka sehingga menyebabkan dia berhenti bernapas setiap kali ia tertidur. Sejak dilahirkan, dokter mengatakan kepada orangtuanya bahwa dia tidak akan bertahan lama. Namun, Liam mematahkan vonis dokter tersebut. Ia bahkan berhasil bertahan hingga saat ini.

Tidak semua orang dilahirkan sehat. Seperti remaja ini, tidak bisa menikmati tidur dengan nyaman, karena nafasnya akan berhenti jika tidur

Liam menderita penyakit langka yang dikenal sebagai hipoventilasi sentral atau "Kutukan Ondine". Diperkirakan hanya 1.500 orang di seluruh dunia yang menderita penyakit ini. Sayangnya, kasus yang diderita Liam merupakan salah satu yang paling ekstrem.

Jika Liam terlelap maka tidur tersebut akan membunuhnya karena Liam akan berhenti bernapas jika tidur. Agar Liam dapat tidur, kasur yang ia tiduri harus dimodifikasi dan dipenuhi alat medis untuk membantu memberikan pernapasan ke Liam. Saat tidur, selang oksigen dipasang untuk memompa paru-parunya.

 

1 dari 2 halaman

Berhasil Lawan Beragam Penyakit Berat

Kamar Liam Derbyshire adalah perpaduan antara kamar remaja normal dan rumah sakit. Meskipun terdapat sensor di tempat tidurnya yang terus memantau kehidupannya, seseorang harus selalu berada di sekitar Liam. Orangtuanya harus mengeluarkan biaya ribuan poundsterling keluar agar anaknya tetap hidup.

"Kami sangat beruntung dengan Liam, dia memiliki kehidupan yang dimilikinya. Kami selalu menginginkan dia memiliki kehidupan normal seperti anak lannya," ujar ibu Liam, Kim.

Tidak semua orang dilahirkan sehat. Seperti remaja ini, tidak bisa menikmati tidur dengan nyaman, karena nafasnya akan berhenti jika tidur

Kini hampir 18 tahun, Liam Derbyshire terus memukau para dokter. Tidak hanya mematahkan pernyataan dokter, Liam pun berhasil mengalahkan kanker dalam hidupnya.

"Hal yang sangat tidak biasa dari Liam adalah bahwa dia menderita kanker yang tumbuh di dalam dirinya dan dia juga memiliki masalah dengan ususnya," kata Dr Gary Connett.

"Saya tidak pernah menemukan laporan anak-anak yang memiliki semua masalah ini bahkan bertahan. Ini sangat menakjubkan. Saya akan mengatakan bahwa dia unik," ucap dokter tersebut.

"Kami tidak pernah berpikir dia akan hidup bertahun-tahun, namun dia bisa bertahan, ini membuktikan bahwa selalu ada harapan," kata orangtua Liam seperti dilansir dari BBC.

 

Penulis

Reza Sugiharto

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Idap Demensia Langka, Pelatih Ski Ini Butuh Perawatan 24 Jam
Artikel Selanjutnya
4 Kondisi Ini Sebabkan Si Kecil Ngences