Sukses

Universitas Siap Mengikuti Perkembangan Industri

Liputan6.com, Jakarta Industri menuntut perguruan tinggi untuk lebih banyak menghasilkan inovator-inovator muda di banyak bidang, terutama bidang sains dan teknologi berkelanjutan.

“Universitas bukan menara gading, universitas harus mengarus pada perubahan. Salah satu upaya mengikuti perubahan itu adalah dengan terus menerus memantau kemajuan dan perkembangan industri,” kata Rektor Telkom University Profesor Mochamad Ashari dalam acara dalam Industrial Gathering dan Best Employer Award 2017 di Jakarta, 7 Desember 2017.

Dia meyakini keberhasilan sebuah universitas dipicu dari perubahan-perubahan yang dimotori oleh perusahaan. Sehingga penting bagi universitas untuk terus memperbarui wawasan dan mengadaptasikannya dalam pendidikan tinggi.

Presiden Direktur PT Kimberly Clark Indonesia Wishnu Pramuji membenarkan bahwa salah satu isu krusial dalam membangun hubungan perguruan tinggi dan industri adalah inovasi.Menurut Pramuji inisiatif dalam berinovasi dapat dilihat dari seberapa sensitifnya perguruan tinggi dalam beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang sangat cepat. Tanpa adaptasi yang cepat, alumni perguruan tinggi hanya akan menjadi pekerja biasa, bukan inovator yang turut serta berkontribusi terhadap kemajuan industri.

“Adaptasi menjadi nilai tinggi, tentu dengan kesadaran tersebut alumni perguruan tinggi mampu menghadapi segala macam iklim dunia kerja, terlebih hari ini kita hidup di era digital, teknologi informasi. Tidak cepat tanggap maka tertinggal,” kata Pramuji saat menjadi pembicara utama dalam acara yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan universitas dengan industri penyerap alumni Telkom University.

Sejauh ini, alumni Telkom University setidaknya telah tersebar hingga ke 30 negara, dengan kapasitas dan keahlian dominan dalam bidang teknologi informasi. Meskipun demikian, Rektor Telkom University Profesor Mochamad Ashari tidak berpuas diri, ia tetap merangkul dan menguatkan jalinan korporasi nasional.

Selain mempertemukan tidak kurang dari 35 industri diberbagai bidang, Telkom University juga memberikan anugerah kepada korporasi yang selama ini dianggap konsisten dan berhasil memicu inovasi Telkom University dengan dukungan penyerapan profesional alumni.

Artikel Selanjutnya
Inilah Manfaat Keberadaan Industrial Research Center di Meikarta
Artikel Selanjutnya
Kemenperin Buka Lowongan CPNS, Ini Formasinya