Sukses

Fenomena ‘Mendadak’ Mahasiswa Saat Ujian, Apakah Kalian Termasuk?

Liputan6.com, Jakarta Menjelang libur akhir tahun, dunia perkuliahan khususnya mahasiswa disibukkan dengan persiapan Ujian Akhir Semester (UAS) yang bisa membuat stres para pejuang sarjana. Media sosial mendadak ramai dengan stastus gelisah, mendadak mau nikah, bahkan ‘kejang-kejang’ saat menghadapi UAS. Selain itu, saat UAS kita bisa mengetahui berbagai karakter mahasiswa di sekitar kita. Berikut beberapa fenomena dan tipe-tipe mahasiswa yang terjadi saat UAS.

1. Berharap Kisi-kisi

Salah satu yang paling diharapkan mahasiswa saat menjelang ujian adalah kisi-kisi. Kisi-kisi merupakan gambaran soal yang akan keluar saat ujian. Mahasiswa biasanya mengeluarkan berbagai cara agar dosen mau memberikan kisi-kisi, mulai dari memperlihatkan mimik muka yang memprihatinkan bak sedang dilanda musibah, hingga berpura-pura tersenyum tulus saat meminta kisi-kisi ujian kepada dosen.

2. Mendadak Rajin Menulis

Saat UAS biasanya banyak mahasiswa yang mendadak menjadi penulis handal saat mencatat dikertas ukuran 2x2 atau 4x4 cm. mereka seolah mengetahui celah soal yang akan keluar saat ujian, meskipun terkadang hal itu tidak sesuai dengan apa yang mereka catat. Bahkan banyak mahasiswa yang rela mentato tangan hingga kaki mereka dengan ballpoint demi ‘melancarkan aksi’ saat ujian.

3. Mendadak Rajin Ibadah

Ada juga mahasiswa yang menjadi lebih sering mengunjungi tempat ibadah untuk berdoa saat musim UAS. Berdoa untuk memperlancar seluruh kegiatan UAS, disehatkan selama UAS, serta berdoa meminta pertolongan terakhir saat tidak bisa menjawab soal ujian dan berharap ada keajaiban nilai bagus meskipun tidak belajar.

4. Tempat Fotokopi Mendadak Penuh

Selain perpustakaan, salah satu tempat yang penuh menjelang ujian adalah tempat fotokopi. Seiring perkembangan zaman, mahasiswa yang biasanya menulis di kertas kecil menjelang ujian, kini beralih ke tempat fotokopi untuk memperkecil catatan mereka atau mahasiswa sering menyebutnya dengan membuat Kopekan. Bak tempat penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT), banyak mahasiswa rela antre untuk membuat Kopekan.

5. Mendadak Ingin Buang Air Saat Ujian

Fenomena terakhir adalah hasrat buang air yang tiba-tiba muncul saat ujian dimulai. Banyak mahasiswa yang meminta izin ke kamar mandi dengan alasan buang air saat ujian tengah berlangsung, namun setelah diberikan izin, mereka tak kunjung kembali. Biasanya mahasiswa mendapatkan inspirasi saat dikamar mandi lewat ‘mbah google’.

Itulah beberapa fenomena yang terjadi menjelang dan saat UAS di kalangan mahasiswa. Bagaimana pun, tidak semua mahasiswa bersikap demikian. Masih banyak mahasiswa yang jujur dan belajar bersungguh-sungguh saat ujian. Alangkah lebih baik jika kita belajar jujur sejak sekarang, karena apabila dibiasakan, tentu akan berdampak buruk di masa depan.

 

Penulis:

Latif Munawar

Universitas Moestopo (Beragama)

 

 

Artikel Selanjutnya
Dianggap Remeh, Ternyata Jadi Mahasiswa Komunikasi Itu Sulit
Artikel Selanjutnya
Video Mahasiswa UPN Siap Berkompetisi di Ajang Internasional