Sukses

10 Meme Paling Kocak Sepanjang 2017, Ada yang Bikin Gagal Fokus

Liputan6.com, Jakarta - Meme menjadi salah satu cara warganet untuk merespons beragam kejadian atau momen penting sepanjang 2017. Maraknya meme dan penyebarannya pun didukung kemajuan teknologi komunikasi dan internet.

Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, meme berarti sebagai cuplikan gambar dari acara televisi, film, dan sebagainya atau gambar-gambar buatan sendiri yang dimodifikasi dengan menambahkan kata-kata atau tulisan-tulisan untuk tujuan melucu dan menghibur.

Untuk tema meme juga sangat beragam. Mulai dari isu politik, hukum, pendidikan, bahkan hari-hari besar nasional pun menjadi acuan warganet dalam membuat meme lucu.

Sebut saja, momen menghilangnya tersangka korupsi E-KTP Setya Novanto ketika akan diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), November 2017. Mendadak sontak beragam meme yang bertajuk "Mencari Papa" bertebaran di dunia maya.

Selain, ada pula meme kocak tentang kunjungan Raja Salman, Maret 2017. Sebagian besar meme Raja Salman itu menyinggung harta kekayaan sang raja yang berlimpah.

Berikut 10 tema meme paling kocak dan viral sepanjang 2017:

1. Menghilangnya Setya Novanto

 

Keberadaan Setya Novanto sempat menjadi misteri. Setnov, sapaan akrabnya dinyatakan hilang setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi kediamannya di Jalan Jalan Wijaya XIII, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, November lalu.

Hal tersebut tentu mendapat berbagai respons publik, khususnya para pengguna jejaring sosial. Warganet bahkan menggunakan tagar #IndonesiaMencariPapah. Bukan hanya itu, meme seputar mobil Setnov yang menabrak tiang listrik juga viral.

2. Bumi Datar Bikin Cekikikan

 

Hingga kini media sosial masih diramaikan dengan perbincangan mengenai Bumi bulat dan datar. Entah kenapa, padahal Bumi sudah jelas-jelas bulat, tapi ada yang mengatakan bahwa sebenarnya Bumi itu datar.

Melihat fenomena tersebut, warganet malah menanggapinya dengan membuat berbagai meme terkait Bumi datar. Penasaran bagaimana meme-meme banyolan tersebut?

1 dari 5 halaman

3. Sambut Raja Salman

Kunjungan Raja Arab, Raja Salman, ke Indonesia memang menjadi sorotan banyak pasang mata, khususnya bagi warga Tanah Air. Banyak masyarakat yang tak sabar menunggu rombongan berjumlah 1.500 orang tiba pada Rabu, 1 Maret 2017. 

Kabar kedatangan Raja Salman dan rombongan, yang termasuk Pangeran Arab tersebut, ternyata membuat masyarakat tergugah untuk mencari tahu berbagai hal mengenai mereka, mulai dari persiapan, penjagaan super ketat, penginapan, hingga kunjungan Raja ke Bogor dan Bali.

Selain masyarakat, ternyata para pengguna jejaring sosial lebih heboh meramaikan kedatangan Raja Salman di media sosial. Hingga kini terlihat, lini masa masih diramaikan dengan berbagai meme guyonan bertemakan kunjungan Raja Salman.

4. Gagal Fokus Pilkada DKI Jakarta

Antusiasme terhadap Pilkada DKI 2017 tak hanya dirasakan warga Ibu Kota, tapi juga seluruh masyarakat Indonesia. Malahan, menurut Komisi Pemilihan Umum (KPU), partisipasi Pilkada 2017 kali ini melebihi saat pemilihan umum berskala nasional.

Pada putaran pertama misalnya, partisipasi warga Jakarta mencapai 77,1 persen sementara Pemilihan Presiden 2014 hanya sebesar 72,3 persen.

Keriuhan Pilkada DKI 2017 juga terlihat dari aktifnya warga menyuarakan pendapat mereka di media sosial. Seperti biasa, masyarakat menjadikan momen penting ini untuk membuat meme lucu yang menghibur.

2 dari 5 halaman

5. Kesasar di Jembatan Semanggi

Habiburokhman kembali menjadi perbincangan warganet lantaran twitnya mengenai pengalamannya tersasar di jembatan Semanggi viral. Dalam akun Twitter pribadinya @habiburokhman, pria yang juga Pembina Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) merasa tak puas dengan jembatan yang menjadi ikon kedua Jakarta setelah Monas itu.

"Gara2 naik jembatan semanggi malah salah arah, mau ke Menteng jadi ke arah Senayan, ini siapa sich penggagasnya?" kicaunya pada 2 Agustus 2017.

Kicauannya tersebut kontan ditanggapi berbagai komentar warganet. Namun, para anonim medsos malah menanggapinya dengan meme guyonan untuk menyindir kicauan Habiburokhman.

6. Hari Pertama Masuk Sekolah

Momen kembali masuk sekolah memang menjadi hal baru setelah para pelajar menikmati libur panjang. Banyak dari pelajar masih malas dan berharap liburan mereka bisa berlanjut. Tepat hari ini, Senin 17 Juli 2017, pelajar di berbagai daerah di Indonesia memasuki hari pertama tahun ajaran baru 2017/2018.

Setiap ajaran baru, yang paling sibuk selain para pelajar tentu saja orang tuanya yang ribet mempersiapkan kebutuhan sekolah anak-anak mereka. Namun, para pengguna jejaring sosial juga turut meramaikan hari pertama sekoah dengan berbagai cuitan dan meme yang berisi sindiran dan hal-hal yang biasa dilakukan saat hari pertama sekolah.

3 dari 5 halaman

7. Korban Perasaan Kurbanin Aja

Idul Adha memang menjadi salah satu hari raya besar bagi umat Islam di seluruh penjuru dunia. Pada umumnya, umat muslim akan melakukan salat Idul Adha kemudian dilanjutkan dengan berkurban hewan dan membagikan dagingnya kepada masyarakat kurang mampu.

Namun, selain masyarakat yang merayakannya dengan sukacita, para pengguna jejaring sosial juga meramaikan momen tahunan itu dengan berbagai kicauan dan meme menggelitik.

8. Mudik Lebaran

Hari Raya Idul Fitri memang hanya tinggal menghitung hari. Masyarakat, khususnya para muslim di Indonesia pun sudah bersiap menyambut hari kemenangan tersebut dengan mudik ke kampung halaman.

Namun, ritual mudik masyarakat menjadi objek para anonim media sosial untuk membuat beragam meme guyonan. Dalam meme yang beredar di medsos terlihat curhatan maupun sindiran berupa meme bagi para perantau yang belum memiliki pasangan untuk diajak ke kampung halaman.

 

4 dari 5 halaman

9. Sindir IPhone Terbaru

Apple akhirnya resmi mengumumkan trio iPhone terbaru, iPhone 8, 8 Plus dan iPhone X di Apple Park Campus, Cupertino, Amerika Serikat (AS) pada Selasa (12 September 2017.

Hal tersebut tentu mendapat berbagai respons publik, khususnya para pengguna setia iPhone. Pantauan Citizen6 Liputan6.com di Twitter, hingga kini warganet masih meramaikan lini masa dengan komentar kecewa dan sedih setelah mengetahui harga resmi iPhone terbaru tersebut. Bahkan meme berbau sindiran lucu juga bertebaran.

10. Meme HUT RI ke-72

Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Masyarakat biasanya akan menggelar upacara Pengibaran Bendera Merah Putih maupun membuat berbagai lomba khas 17 Agustusan.

Namun, euforia HUT RI tak hanya dirasakan masyarakat umum. Warganet juga turut memeriahkannya dengan berbagai meme kocak bertemakan Hari Kemerdekaan.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Meme Otomotif Pekan Ini: Enggak Mau Ditinggal Emak
Artikel Selanjutnya
Bikin Ngakak, Dua Sejoli Asyik Joget di Siang Bolong