Sukses

5 Air Terjun Super Cantik Ada di Satu Kawasan, Geopark Ciletuh

Liputan6.com, Jakarta Sejak diresmikan sebagai Taman Bumi Nasional pada 2015, Geopark Ciletuh kini menjadi destinasi wisata yang populer di kalangan para pejalan. Selain keindahan pantai dan panorama bukit bebatuan, salah satu yang menjadi magnet bagi wisatawan adalah banyaknya jumlah air terjun menawan dalam satu kawasan Taman Bumi Ciletuh. Tak kurang dari 5 air terjun mengagumkan ada di satu kawasan geopark ini.

Geopark Ciletuh merupakan kawasan wisata taman alam dengan batuan tua yang terletak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dan terbentuk selama jutaan tahun. Batuan bumi terangkat ke permukaan dan membentuk bentang alam menakjubkan yang memunculkan air terjun. Saat ini, Geopark Ciletuh memiliki lima air terjun yang menjadi destinasi favorit bagi wisatawan.

1. Curug Awang

Air terjun (atau curug dalam Bahasa Sunda) yang pertama adalah Curug Awang. Ketika memasuki kawasan Geopark Ciletuh anda akan disuguhkan dengan panorama Memukau Panenjoan, yang memperlihatkan luasnya kawasan Geopark. Tidak jauh dari Panenjoan, terlihat Curug Awang yang memiliki ketinggian 40 meter. Jika debet air sedang naik, pemandangan Curug Awang yang memiliki lebar 60 meter ini tampak memukau dan disebut-sebut sebagai Niagaranya Sukabumi.

 

1 dari 5 halaman

2. Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung merupakan air terjun yang berasal dari aliran sungai Ciemas. Air terjun ini terletak cukup dekat dengan pantai Palangpang, itu sebabnya di sepanjang jalan setapak menuju Curug Cimarinjung, kita akan disuguhi pemandangan Samudra Hindia yang membentang luas. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter, dan dihimpit oleh tebing batu kecoklatan khas Geopark.

2 dari 5 halaman

3. Curug Puncak Manik

Curug Puncak Manik merupakan air terjun tertinggi dikawasan Geopark Ciletuh. Dengan ketinggian hampir 70 meter, air terjun ini menyuguhkan panorama undakan dua air terjun yang berbeda. Konon katanya, air terjun ini merupakan tempat menyimpan harta karun pada masa Perang Cirebon, sehingga lokasi ini terlihat berkilauan seperti manik-manik. Itulah sebab kenapa tempat ini dinamakan Curug Puncak manik.

3 dari 5 halaman

4. Curug Cikanteh

Tidak kalah dengan curug-curug lain, Curug Cikanteh juga menjadi spot menarik bagi para penjelajah di Geopark Ciletuh. Dibanding air terjun lain, debet air Curug Cikanteh tergolong kecil namun suasananya tetap memukau. Aliran sungai yang mengalir lembut di sela-sela tebing batu Geopark terlihat sangat indah dan cocok untuk berenang maupun ber swafoto.

4 dari 5 halaman

5. Curug Sodong

Air terjun yang paling Instagramable di kawasan Geopark adalah Curug Sodong. Air terjun ini terkenal dengan pesona curug kembar yang membuat suasana di area curug semakin eksotis. Dengan tinggi sekitar 20 meter, air terjun akan terlihat sangat indah jika dilihat dari kejauhan. Perpaduan dua air terjun yang jernih, dengan rimbunnya pepohonan disekitar air terjun, membuat kita betah berlama-lama di tempat ini.

 

Latif Munawar

Reporter Sahabat Liputan6.com

 

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Pagi Hari di Pantai Wini Perbatasan Negeri
Artikel Selanjutnya
Setelah Kalibiru, Ada Air Terjun Kedung Pedut yang Makin Hits