Sukses

Sering Tidur dengan Rambut Basah, Wanita Alami Kelumpuhan Wajah

Liputan6.com, Tiongkok - Seorang perempuan dari Wuhan, Tiongkok, baru-baru ini mengalami kelumpuhan wajah hanya karena tidak mengeringkan rambut yang basah sebelum tidur.

Perempuan bermarga Xiong itu bekerja di sebuah pusat perbelanjaan. Karena jadwalnya yang padat, dia sering tertidur sebelum rambutnya kering.

Namun tak disangka, kebiasaannya itu membawa petaka baginya. Suatu hari ketika ia terbangun dari tidurnya, dia merasa bahwa sisi kiri wajahnya tidak bisa bergerak. Perempuan berumur 32 tahun itu kemudian melihat ke cermin sambil menggosok giginya, dan mendapati bahwa mulutnya juga bengkok.

Kondisi mengerikan itu membuatnya panik, dia segera pergi ke rumah sakit terdekat. Setelah diperiksa, dokter mendiagnosisnya dengan kelumpuhan saraf wajah. Hal tersebut disebabkan oleh kebiasaan tidurnya dengan rambut yang basah kuyup.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penjelasan Dokter tentang penyebabnya

Melansir Worldofbuzz, Senin (11/12/2017), dokter yang menanganinya menjelaskan bahwa kelumpuhan itu mungkin karena perubahan suhu di tubuhnya akibat rambutnya yang basah, sehingga bisa memicu rasa sakit dan menyebabkan wajahnya mengalami kejang.

Hal itu bisa menyebabkan kelumpuhan wajah, apalagi saat tubuh dalam keadaan rileks saat tidur.

Dokter juga menambahkan bahwa tidur dengan rambut basah di bantal akan menjadikan rambut tempat berkembang biak yang ideal untuk bakteri, yang tentunya dapat menyebabkan infeksi.

Beruntung, Xiong berhasil pulih setelah menjalani perawatan komprehensif selama 10 hari.

(Ul)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.