Sukses

Artcycling, Lomba Sepeda Unik Paduan Olahraga dan Seni

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi telah masuk ke berbagai bidang kehidupan dan aktivitas sehari-hari, termasuk juga olahraga yang semakin tidak bisa dipisahkan dengan teknologi digital. Salah satu olahraga yang makin digemari saat ini, bersepeda, pun mengalami fenomena serupa.

Para penggemar sepeda semakin banyak yang menggunakan aplikasi digital ketika melakukan olahraga kegemarannya tersebut. Mereka merekam aktivitas bersepedanya dalam bentuk foto dan peta jejak lintasan, untuk kemudian mengunggahnya kejejaring social sebagai kebanggaan pribadi sekaligus menantang penggemar sepeda lain.

Masyarakat Industri Kreatif Digital Indonesia (MIKTI) melihat fenomena tersebut sebagai peluang untuk memadukan teknologi, olahraga, dan seniman jadi sebuah inisiatif yang seru dan bermanfaat. MIKTI, didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Bank BRI, akan menggelar ARTCYCLING, sebuah lomba bersepeda unik yang baru pertama kali diselenggarakan secara resmi di Indonesia, bahkan di dunia. Artcycling adalah saat pemenang ditentukan bukan berdasarkan kecepatan tetapi berdasarkan karya grafis yang dihasilkan dari jalur perjalanan yang dilalui selama bersepeda.

Para peserta ARTCYCLING hanya perlu menggunakan aplikasi mobile yang disediakan panitia selama lomba, kemudian bersepeda sesuai jalur yang direncanakan sendiri di kotanya masing-masing. ARTCYCLING mengambil tema Pesona Indonesia, sehingga peserta ditantang untuk bersepeda mengikuti jalur yang dapat menghasilkan gambar sekreatif mungkin yang menggambarkan keunikan dan keindahan Indonesia, seperti Komodo, Keris, Monas, Cendrawasih, dan lainnya.

“Untuk pertama kalinya MIKTI membuat even yang lain dari biasanya. Biasanya MIKTI membuat even yang bersifat edukasi terkait dunia startup dan pesertanya adalah para komunitas IT. Nah, sekarang ini MIKTI mencoba beralih ke masyarakat umum khususnya pecinta sepeda dan olahraga pada umumnya. Tujuannya agar masyarakat bisa merasakan manfaat perpaduan antara teknologi, seni, dan Olahraga,” ujar Indra Purnama selaku Direktur Eksekutif MIKTI.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kapan dan Di mana?

Lomba ARTCYCLING akan berlangsung selama 24 jam, dari 16 Desember 2017 Pukul 09.00 WIB hingga 17 Desember 2017 Pukul 09.00 WIB. Selama waktu tersebut, peserta lomba dapat menentukan sendiri waktu start dan finish, jarak tempuh, hingga jalur yang akan dilalui.

Setelah sesi lomba berakhir, para peserta diundang untuk berkumpul dan mengikuti Big Bang Event dan Pengumuman Pemenang yang akan diselenggarakan di Gedung Kementerian Pariwisata, Jakarta tanggal 17 Desember 2017 Pukul 09.00 - 11.00 WIB. Peserta di 11 kota lain pun dapat mengikuti keseruan yang sama di titik kumpul yang disediakan panitia di Banda Aceh, Medan, Bandung, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Balikpapan, Balikpapan dan Makassar. Selain itu akan ada hadiah hadiah utama berupa tabungan dari Bank BRI, Sepeda, dan Door Prize menarik lainnya.

ARTCYCLING diselenggarakan atas kerjasama Masyarakat Industri Kreatif Digital Indonesia (MIKTI), Bank BRI, dan Kementerian Pariwisata, serta didukung oleh komunitas sepeda B2W (Bike to Work), Good News From Indonesia,dan komunitas sepeda lainnya di Indonesia. Untuk informasi dan pendaftaran dapatmengakses: www.artcycling.id

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini