Sukses

5 Mahkota Kontes Ratu Kecantikan, Mana yang Paling Mahal?

Liputan6.com, Jakarta Setiap kontes ratu kecantikan memiliki mahkota yang berbeda, dengan desain dan harganya yang tentu berbeda. Mahkota milik Kevin Lilliana, misalnya. Wakil Indonesia di ajang Miss International di Jepang pada 15 November lalu sukses membawa pulang mahkota Mikimoto yang diperebutkan lebih dari 70 wanita cantik dari seluruh dunia. Tahukah Anda jika harga mahkota tersebut bisa mencapai puluhan miliar rupiah?

Kontes ratu kecantikan manakah yang memiliki mahkota dengan harga paling fantasis? Simak daftarnya.

1. Mahkota Miss World

Mahkota kontes ratu kecantikan termahal saat ini dipegang oleh mahkota Miss World, yang sering dikenal dengan nama Blue Crown karena warna dan fitur batu pirus pada mahkota tersebut. Mahkota ini didesain oleh David Morris atas permintaan Eric Morley, sang penggagas Miss World. Selain batu pirus, mahkota ini juga terbuat dari berlian terkenal dengan kualitas terbaik dunia. Harga mahkota asli Miss World mencapai US$ 4 juta atau sekitar Rp 36 miliar. Mahkota ini hanya digunakan ketika malam final penganugerahan Miss World yang baru terpilih. Sedangkan saat bertugas, sang ratu dunia menggunakan mahkota replika dengan harga US$ 500.000 atau setara dengan Rp 6,5 miliar.

 

 

1 dari 3 halaman

2. Mahkota Miss International

Posisi kedua ditempati oleh mahkota Miss international dengan nama Mikimoto Crown. Mahkota ratu kecantikan yang bermarkas di Jepang ini didesain oleh Mikimoto Pearl, sebuah perusahaan perhiasan terkenal di Jepang. Tahun ini, Mikimoto Crown dimenangi oleh Kevin Lilliana dari Indonesia. Terbuat dari mutiara, emas, perak, dan permata senilai US$ 500.000 atau sekitar Rp 7,4 miliar.

3. Mahkota Miss Grand International (MGI)

Mahkota dengan harga fantastis ketiga dipegang oleh The Golden Crown, mahkota Miss Grand International. Didesain oleh Mister Nawat yang juga merupakan pendiri MGI Organization, mahkota ini terbuat dari emas murni dan batu permata dengan nilai keseluruhan US$ 300.000 atau setara dengan Rp 4 miliar. Meskipun baru digelar beberapa tahun, kontes kecantikan ini menjadi terkenal di Indonesia saat Ariska Putri Pertiwi yang mewakili Indonesia sukses menjadi juara pada tahun 2016 lalu.

2 dari 3 halaman

4. Mahkota Miss Supranational

Kontes kecantikan yang tahun ini dimenangkan oleh Jenny Kim asal Korea Selatan ini memiliki harga yang tidak kalah fantastis. Terbuat dari perak, kristal, safir, serta berlian, mahkota ini bernilai seharga US$ 300 ribu atau sekitar Rp 3,9 miliar. Mahkota ini didesain oleh George Wittels dari Venezuela yang bermarkas di Panama dan mulai berdiri pada tahun 2009.

5. Mahkota Miss Universe

Mahkota termahal kelima adalah milik kontes kecantikan Miss Universe. Didesain oleh Tomohiro Yamaji di bawah perusahaan Mikimoto Pearl asal Jepang, mahkota ini terbuat dari emas murni, 500 berlian 30 karat, 120 mutiara laut selatan dan mutiara akoya, jenis mutiara paling terkenal. Mahkota ini diberi nama Phoenix Mikimoto Crown, karena mahkota mirip dengan ekor burung phoenix yang melambangkan status, kekuatan dan kecantikan pemakainya. Harga Phoenix Mikimoto Crown mencapai US$ 250.000 atau Rp 3,4 miliar.

 

Penulis :

Latif Munawar

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Curhatan Ratu Elizabeth II tentang Beratnya Pakai Mahkota
Artikel Selanjutnya
Putri Marino-Adinia Wirasti Kompak Pakai Etnik, Kece Siapa?